Teknik Peternakan Burung Puyuh Petelur

Teknik Peternakan Burung Puyuh Petelur – Teknik yang baik dalam usaha budidaya atau peternakan burung puyuh ini sangat tergantung dengan kondisi kandang, kebersihan, lokasi dan tentunya untuk pengontrolan terhadap penyakit dari burung puyuh itu sendiri.

Untitled

Lalu bagaimanakah kandang yang baik untuk digunakan dalam peternakan burung puyuh? Syarat apa sajakah yang perlu untuk diperhatikan membuat kandang terbaik?

Hal yang sangat perlu diperhatikan pada penempatan kandang yaitu temperatur, karena temperatur yang ideal bagi burung puyuh berkisar pada 20-25 derajat Celcius. Kelembaban yang ada juga harus ada pada 30-80%, untuk penerangan siang hari harus 25-40 Watt, sementara malam hari 40-60 Watt. Akan tetapi hal ini cukup dilakukan ketika situasi sedang mendung. Kondisi kandang juga dilengkapi dengan tempat minuman, makanan serta tempat bertelur.

Pengontrolan penyakit ternak

Agar kondisi dari burung puyuh tetap baik, maka anda perlu melakukan pengontrolan terhadap jenis penyakit yang mungkin menyerang, periksalah kondisi puyuh secara global pada setiap harinya. Jika ada yang menunjukkan gejala sakit sebaiknya segera lakukan tindakan pengobatan agar penyakit yang dialaminya tidak menular ke puyuh lain.

Kemudian pemberian pakan dilakukan secara teratur dan dalam kondisi bersih. Dimana pengontrolan penyakit ini menjadi kunci dari keberhasilan ternak atau budidaya burung puyuh petelur.

Memilih lokasi penempatan kandang

  • Carilah lokasi yang bebas banjir dan terbebas dari wabah penyakit.
  • Carilah daerah dengan sirkulasi udara yang cukup baik.
  • Carilah lokasi strategis dari segi transportasi, terutama sapronak serta jalur pemasaran lain.
  • Pilih lokasi yang terletak jauh dari pusat keramaian maupun pemukiman padat penduduk.
  • Usahakanlah kondisi kandang agar mendapatkan sinar matahari yang cukup pada pagi hari.

Pemasaran telur puyuh

Jika selama ini anda bertanya-tanya mengenai tempat pemasaran telur puyuh atau bahkan berfikir mengenai proses pemikirannya, maka anda dapat menggunakan beberapa metode seperti yang ada di bawah ini:

  • Pasar tradisional.
  • Restoran atau rumah makan.
  • Penjualan secara pribadi atau mandiri ke lingkungan sekitar secara mentah maupun olahan.

Meskipun sebenarnya pemasaran bukanlah menjadi hal yang perlu anda pusingkan. Lebih baik anda fokus terlebih dahulu dalam menjalankan usahanya, baru kemudian dapat memikirkan pemasaran. Karena kebutuhan telur puyuh saat ini sudah sangat meluas dan banyak dicari.

Dalam menjalankan bisnis budidaya atau peternakan burung puyuh petelur memang membutuhkan ketekunan. Pasalnya proses usaha peternakan puyuh petelur ini juga sangat menjanjikan, terutama jika anda mampu untuk membuat pembibitan unggul burung puyuh.

Jika sebagian besar bibit puyuh petelur anda tergolong unggul, maka bukan tidak mungkin jika usaha anda akan sukses karena anda dapat menambah satu jenis usaha baru sebagai penyedia bibit burung puyuh petelur.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *