Teknik super Budidaya Ikan Cupang Yang menghasilkan

Teknik super Budidaya Ikan Cupang Yang menghasilkan – Saat mendengar nama ikancupang anda mungkin akan terpikir bahwa ikan ini merupakan ikan hias dan bukan ikankonsumsi, namun selain digunakan sebagai ikan hias ikan ini memiliki nilai jual yangmenggiurkan. Ikan ini merupakan komoditi yang banyak diperjual belikan. Potensi untuk melakukan bisnis ikan ini juga cukup besar. Ikan cupang memiliki banyak peminat, baik dari dalam negeri maupun untuk kebutuhan ekspor. Untuk sebagian orang ikan ini merupakan primadona bagi ikan hias dari air tawar.

Untitled

Ikan cupang merupakan merupakan ikan yang dibudiayakan untuk keperluan bisnis ikanhias. Ikan cupang sendiri memiliki ciri khas warna yang bagus sehingga ikan ini banyak dibudidayakan untuk diperjual belikan sebagai ikan hias. Di Indonesia sendiri peminat dariikan jenis ini beragam, dari anak anak sampai dengan orang dewasa.

Bagi anak anak ikan ini sering digunakan sebagai ikan petarung, ikan cupang jantan yangmemiliki bentuk yang unik dan sirip yang besar melebar biasanya dijadikan ikan petarung. Sedangkan untuk orang dewasa ikan cupang biasanya digunakan sebagai ikan hias. Ikancupang yang digunakan sebagai ikan hias biasanya memiliki warna yang sangat indah, kemudian ikan cupang untuk ikan hias biasanya juga memiliki corak corak yang yangberagam.

Berikut ini akan saya ulas cara untuk budidaya ikan cupang yang menghasilkankeuntungan bagi anda.

MELAKUKAN PEMIJAHAN PADA IKAN CUPANG

Pemijahan ini dilakukan pada indukan ikan cupang yang sudah dipilih, pemijahan dilakukan pada wadah atau baskom. Biarkan proses pemijahan selam 48 jam atau 2 hari. Pada hari pertama indukan ikan jantan akan membuat gelembung untuk telur, kemudia pada hari kedua akan terjadi proses perkawinan dan telur akan disimpan ikan jantan pada gelembung tersebut.

CARA MEMBUDIDAYAKAN IKAN CUPANG 

Untuk melakukan budidaya ikan ini biasanya dilakukan setelah proses pemijahan benih ikan. Setelah 2 hari, pisahkan indukan betina ikan cupang dari wadah atau baskom. Tetapi biarkan induk jantan tetap bersama telur tadi. Simpan wadah yang berisi telur tadi pada tempat yanggelap dan jangan dipindah pindahkan, sebab apabila telur tersebut jatuh dari gelembung maka telur tersebut akan mati atau busuk. Pada proses ini ikan cupang jantan tidak perlu diberi makan. Biarkan proses ini selama 10 hari atau minimal 1 minggu. Setelah 10 hari pindahkan indukan ikan cupang jantan dan pindahkan anakan ikan cupang ke wadah yang lebih besar secara hati hati untuk mengurangi resiko anakan mati. Untuk pakan anakan ikan cubang dapat diberikan air rendaman sayur kol, karena air rendaman ini mengandung bakteri atau pankton. Pakan lain yang bsa diberikan adalah jentik jentik nyamuk yang sudah dipisahkan.

Demikian adalah cara sederhana untuk melakukan budidaya ikan cupang. Tidak ada salahnya apabila anda ingin untuk terjun dalam budidaya ikan cupang ini. Selain menjanjikan keuntungan dalam segi bisnis, budidaya ikan cupang juga bisa dijadikan hiburan bagi anda. Bagi beberapa orang budidaya ikan ini dapat menghasilkan keuntungan tersendiri, sebagian orang percaya bahwa ikan ini mendatangkan peruntungan, apalagi apabila dikambengkan dengan baik. Jadi apabila anda mulai tertarik untuk mulai berbisnis budidaya ikan ini, kenapa tidak dimulai dari sekarang? Semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda yangingin memulai bisnis budidaya ikan cupang ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *