Teknik Super Budidaya Tomat Cherry Dengan Mudah

Teknik Super Budidaya Tomat Cherry Dengan Mudah – Sudah menjadi hal yang biasa bagi beberapa orang yang memiliki kebun dirumahnya untuk menanam tomat. Tanaman tomat sendiri merupakan salah satu tanaman yang pouler untuk ditanam karena tidak terlalu memerlukan perhatian serta perawatan khusus, selain itu tanaman ini juga tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Tomat cherry adalah salah satu jenis tomat yang sering dibudidayakan oleh kebanyakan orang, ukuran tomat ini tidak terlalu besar, hanya sebesar satu gigtan. Selain itu tomat cherry juga tumbuh dengan capat, matang lebih awal dan cenderung dijadikan camilan favorit oleh vegetarian. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menanam tomat cherry.

Untitled

Langkah Langkah Yang di Perlukan :

1. Mulai Menanam Benih tomat cherry

Penanaman benih tomat cherry biasanya mulai ditanam di dalam ruangan sekitar 6 hingga 8 minggu sebelum diletakan diluar ruangan atau setidaknya hingga cuaca mendukung. Seperti contoh dibawah, anda dapat menyemaikan biji benih pada tray berukuran 30x15cm kemudian isi wadah dengan tanah gembur secukupnya, kemudian benamkan benih tomat sedalam 0,5 cm ke dalam tanah.

2. Letakkan di wadah pada tempat yang mendapat Sinar Matahari.

Setelah mulai ditanam maka benih perlu mendapatkan sinar matahari agar mereka bisa tumbuh tanpa terganggu dan terutama untuk memperkuat batang pada saat awal-awal pertumbuhan benih. Tetapi jangan menempatkan tray dibawah sinar matahari secara langsung, anda dapat meletakkan pada tempat yang teduh. Karena terlalu banyak sinar matahai juga akan menghambat pertumbuhan benih tomat.

3. Pindahkan tanaman ke Luar Ruangan

Pada hari awal anda menanam pastikan beri asupan air serta pupuk yang seimbang, begitu juga pada hari kedua. Setelah itu, segera pindahkan tanaman ke luar ruangan untuk mendapat sinar matahari yang lebih optimal.

4. Lanjutkan Sirami tanaman Secara Teratur

Pada saat menyiram tanaman usahakan menyiranm sedikit-sedikit tetapi dilakukan dengan sering. Hal ini dikarenakan ketika air membasahi jauh ke dalam tanah, akar yang lebih dalam dari tanaman akan mendapatkan keuntungan dari penyiraman tersebut.

5. Lanjutkan pemupukan untuk Menyuburkan Tanaman

Sebelum tanaman mekar, fokuskan untuk memberi pupuk nitrogen dalam jumlah yang cukup banyak agar pertumbuhan tanaman dapat lebih cepat. Kemudian setelah mekar fokuskan pada pemberikan pupuk yang kaya fosfor dan kalium untuk mempercepat pertumbuhan dari tomat.

6. Pastikan untuk Mempertahankan Kelembaban kondisi basah dan lembab dari yang utama untuk pertumbuhan bakteri dan penyakit, hal ini dikarenakan tanaman tomat merupakan tanaman yang sangat rentan terhadap penyakit. Meskipun tidak memerlukan perawatan yang khusus, tetapi menjaga lingkungan atau media dari tomat ini sangatlah dianjurkan agar hasil yang diperoleh juga maksimal

7. Tunggu sekitar 50 sampai 90 hari dengan melakukan perawatan secara rutin

Selama periode menunggu, terdapat 6 bagian penting pada tahap perawatan, yaitu penyiraman, pemupukan, pemusnahan gulma, pemasangan lanjakan atau sandaran, pengendalian hama, dan ppemotongan tunas baru. Anda harus terus merawat tanaman anda. Untuk memaksimalkan kualitas buah dan kuantitas panen.

8. Proses panen

Setelah melewati kerja keras yang telah dilakukan, saat yang paling ditunggu adalah panen raya. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat proses panen yaitu, apabila ingin langsung menggunakan tanaman hasil panen petiklah tomat yang berwarna merah tua, sedangkan apabila anda ingin menyimpannya terlebih dahulu ada baiknya memilih tomat yang berwarna lebih muda atau belum terlalu matang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Teknik Super Budidaya Tomat Cherry Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *