Teknologi Plasma Untuk Pengelolahan Limbah Cair Industri Tahu

Teknologi Plasma Untuk Pengelolahan Limbah Cair Industri Tahu – Perkembangan dunia teknologi yang ada pada saat ini telah mengarah kepada suatu metode baru yang telah di nilai lebih  efektif dalam pengolahan limbah.

Teknologi plasma ini dapat digunakan langsung di dalam pengolahan limbah cair yang dihasilkan beberapa industri.

eda

Namun di negara- negara maju seperti Negara Jepang sudah banyak sekali industri yang menggunakan teknologi  plasma ini terutama untuk memurnikan atau membersihkan air dan udara.

Teknologi ini juga mampu menyingkirkan limbah cair hampir sampai 100 % (Japan Engineering Newspaper 1996 di dalam Sugiarto 2002).

Proses pelepasan senyawa – senyawa  organik oleh system plasma dapat berlangsung sangat cepat juga spesies aktif yang  dihasilkan telah dapat menguraikan  hampir  seluruh  senyawa organik yang ada atau terkandung di dalam air limbah industri.

Teknologi ini telah mampu menyingkirkan senyawa – senyaea organik di dalam limbah cair tanpa adanya menghasilkan sludge..

Teknologi plasma ini juga digunakan dalam mengurangi  beban cemaran/polutan yang  ada di dalam  limbah cair industri.

System Plasma ini biasanya  dapat dibentuk dengan  memanfaatkan tegangan  listrik yang kecil, hal itu dilakukan dengan menghadapkan ke dua kutub elektroda  dan memberikan  tegangan listrik yang searah yang cukup tinggi kemudian nantinya akan  menghasilkan loncatan-loncatan ion.

Ion – ion negative dan positif yang dihasilkan akan bergerak bebas dan mengikat elektron- elektron (Anonim, 2009).

System Plasma ini juga biasa disebut gas terionisasi maksudnya yaitu keadaan benda fase gas  yang berenergi, juga sering disebut sebagai zat ke empat.

Hasil dari system ini adalah sebuah  koleksi ion  dan juga elektron yang tidak  lagi terikat atau bebas satu sama lainnya. dikareanakannya partikel-partikel ini telah terionisasi (bermuatan).

Plasma ini adalah zat ke empat selain zat klasik cair, gas, dan padat. Plasma dapat dibuat dengan pemanfaatan beberapa tegangan listrik yang ada, yaitu dengan menghadapkannya dua elektroda di  udara bebas.

Udara adalah suatu isolator, yaitu materi yang tidak dapat menghantarkan listrik namun jika ke dua elektroda tersebut di berikan tegangan listrik  yang cukup tinggi , yaitu sekitar < 10 kV maka sifat konduktor tersebut akan muncul pada  udara tersebut.

Bersamaan dengan hal itu pula maka tegangan listrikpun  mulai mengalir (electrical dicharges) fenomena ini  disebut electrical  breakdown.

Semakin besarnya tegangan listrik yang telah diberikan pada elektroda maka akan semakin besar  juga ion dan juga elektron bebas yang akan terbentuk. Singkatnya plasma ini adalah kumpulan  elektron yang bebas, ion yang bebas, dan juga atom yang bebas.

Teknologi plasma ini dapat langsung digunakan di dalam proses pengolahan limbah –limbah  organik, dan jika air limbah yang  mengandung logam  maka akan terjadinya gumpalan atau juga pembentukan flek pada waktu proses pengolahannya yang merupakan proses  destabilisasi.

Salah satu  cara juga dalam pembuatan plasma di dalam air, pembuatan plasma di dalam air hampir sama  dengan pembuatan plasma di udara.

Untuk Plasma di dalam air dapat menyebabkan timbulnya  berbagai jenis reaksi kimia dan fisika, seperti sinar ultraviolet, spesies aktif (OH, O, H, H2O2) , shockwave, serta termal proses.

Cara Kerja system ini adalah Air limbah dilakukan analisis awal yaitu COD dan TSSnya, hal ini dilakukan agar dapat melakukan proses – proses dalam teknologi plasma dan kemudian air limbah akan di dimasukkan ke dalam reaktor.

Yang dimasukkan sebanyak 1 liter dan kemudian rectifier harus dihubungan dengan suatu arus listrik selanjutnya elektroda akan dihubungkan dengan rektifier tadi.

Elektroda yang dihubungkan pada kutub positif dan dihubungkan juga pada kutub negatif, kemudian dialirkan listrik sesuai peubah yang telah ditetapkan dengan ketentuan-ketentuan di dalam waktu proses yang disesuaikan dengan waktu yang ditetapkan.

Baca Artikel Lainnya :

Hasil dari proses ini kemudian disaring menggunakan kertas saring kemudian dilakukan analisis terhadap COD nya,dan dari hasil ini kemudian dianalisis terhadap TSSnya juga.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *