Telah Hadir, Robot ala Pacific RIM

Telah Hadir, Robot ala Pacific RIM – Apakah Anda sudah pernah melihat film Pacific RIM karya sutradara Guilermo del Toro? Jika ya, pasti Anda akan tercengang takjub menyaksikan dimana teknologi masa depan mampu membuat seseorang mengendalikan robot yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan ukuran manusia untuk melawan ancaman bumi sperti monster.

Untitled

Pada hari ini cikal bakal teknologi tersebut sudah hadir kepermukaan bumi. Teknologi masa depan dimana sebuah robot digerakkan oleh gerakan manusia telah diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2015 di Barcelona, Spanyol. Menakjubkan bukan?

Rancangan robot ala Pacific RIM yang mencengangkan dunia teknologi tersebut adalah unit robot prototipe yang mengadopsi teknologi 5G.

Dalam film fiksi yang didanai rumah produksi Legendary Picture tersebut, diceritakan sebuah robot besar yang dipanggil “Jaeger” digerakkan oleh dua orang yang terkoneksi satu sama lain pikirannya untuk mengendalikan robot tersebut  dari dalam ruang kendali.

Teknologi masa depan inilah yang akan dikembangkan oleh salah satu perusahaan teknologi ternama SK Telecom.

SK Telecom adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi  yang berdomisili di Cina, mencoba mengembangkan prototipe robot yang dapat dikendalikan melalui gerakan tubuh manusia dengan memanfaatkan jaringan 5G.

Seperti kita ketahui, jaringan 5G adalah jaringan dengan koneksi super cepat saat ini. Namun yang akan disoroti disini adalah ide-ide atau inovas-inovasi apa lagi yang dapat diciptakan manusia dengan teknologi 5G ini.

Berbekal kecepatan teknologi jaringan 5G super cepat dengan kecepatan yang mampu menembus angka 7550 Mbps atau setara dengan 7.5 Gbps, SK Telecom mengadopsinya untuk melakukan transfer data untuk menjadi sebuah perintah gerakan pada sebuah robot.

Walaupun prosesnya terlihat sangat rumit, namun sebenarnya penggunaan teknologi 5G ini cukup sederhana jika diamati dari dalam. Gampangnya, sebuah robot dengan tinggi sekitar 5 kaki akan bergerak sesuai perintah yang transfer masternya dari dalam.

Pada pertunjukan robot tersebut, diperlihatkan seorang wanita baju lengkap dengan perangkat penghubungkan “otak” dengan unit robot.

Baca Artikel Lainnya ;

Alhasil, ketika wanita tersebut menggerakkan kedua tangannya, robot yang berada di sampingnya juga bergerak sesuai gerakan wanita tersebut.

Dengan kemajuan teknologi dan dukungan dari stakeholder terkait,  kemungkinan dimasa depan teknologi robot ini akan benar-benar disempurnakan dengan gerakkan manusia dan bukan sekedar mimpi belaka.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *