Tempat Hidup dan Cara Reproduksi Collembola

Tempat Hidup dan Cara Reproduksi Collembola – Kebanyakan Collembola hidup di dalam tanah dan serasah. Akan tetapi Collembola juga dapat hidup di tempat tersembunyi seperti di dalam tanah, jamur, reruntuhan pohon, di bawah kulit kayu, kayu-kayu yang membusuk, kanopi, gua, vegetasi tanaman, guano kelelawar, pesisir pantai, dan laut, serta air tawar. Kebanyakan Collembola penghuni tanah memakan bahan tumbuh-tumbuhan yang sedang dan sudah membusuk, jamur, dan bakteri. Collembola ada juga yang memakan tinja Artropoda atau serbuk sari ganggang.

Untitled

Collembola berkembang biak dengan cara bertelur. Seekor Collembola betina akan bertelur sekitar 90-400butir selama hidupnya. Hewan ini mengalami pematangan seksual setelah 3-12 kali pergantian kulit (moult). Collembolla mempunyai dua organ reproduksi kelamin yang sama. Sperma jantan diproduksi oleh sepasang testis yang masing-masing terdapat di sisi abdomen bagian dalam. Sedangkan betina memproduksi telur dari sepasang tubulus ovarium yang melebar. Masing-masing tubulus terletak disisi abdomen bagian dalam.

Pada umumnya Collembola tidak melakukan perkawinan secara langsung antara jantan dan betina. Hanya sebagian kecil yang melakukan perkawinan langsung seperti pada family Sminthurididae. Pada perkawinannya antena ruas kedua dan ketiga yang jantanmengalami modifikasi untuk membantu memegang betina ketika ingin melakukan perkawinan. Sedangkan pada perkwinan tidak langsung jantan memproduksi kapsul sperma yang diletakan di dekat betina. Kemudian jantan merangsang betina agar membuahi telur dalam abdomen. Telur yang sudah dibuahi oleh betina akan diletakan di substrat. Telur yang yang telah diletakan dilindungi dengan cairan yang dikeluarkan oleh anus. Cairan ini digunakan untuk menjaga agar telur tidak kekeringan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *