Tempat Ideal Mencari Inspirasi Bisnis

Memulai sebuah bisnis UKM adalah pekerjaan yang gampang – gampang susah untuk dilakoni, bahkan cenderung sulit mengingat bisnis UKM haruslah memiliki keyakinan yang kuat serta perencanaan yang matang dalam merintisnya sedari awal.

j 60

Terkadang, saat anda telah berhasil memiliki modal yang cukup untuk membuka sebuah bisnis UKM, anda masih akan merasa bingung untuk memulai usaha apa ? Mungkin yang menjadi kendala utama ialah prospek dari usaha tersebut apakah akan menjanjikan kedepannya atau malah beresiko akan mengalami kegagalan total ?

Belajar dari hal tersebut di atas, banyak ditemukan orang – orang yang meraih sukses setelah mereka mendapatkan inspirasi jitu pada sebuah tempat. Salah satunya adalah Roy O. Disney, beliau adalah pendiri Disneyland yang terinspirasi ide brilyan dari acara liburan keluarga mereka setiap tahun yang dilakoni karena hobi dari Roy O.

Disney sendiri adalah travelling. Tentunya masing – masing orang memiliki kesempatan emas yang sama, hanya saja siapa yang mampu mengamati perubahan lingkungan sekitar dengan sudut pandang seorang pengusaha besar ? Mereka adalah calon – calon pemenang.

Nah, bagi anda yang ingin mencari inspirasi bisnis meskipun hanya berupa bisnis UKM, berikut ini adalah tempat – tempat ideal buat mencari inspirasi bisnis :

  • Rumah

Semua ide brilyan berasal dari rumah, karena di rumahlah anda bisa dengan mudah menemukan inspirasi bisnis berlatarbelakang banyaknya aktifitas yang anda jalankan di luar rumah.

Lihat sekeliling rumah anda, apakah ada peluang bisnis tepat yang bisa dicoba. Seperti anda harus bisa memanfaatkan barang atau benda bekas menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual. Salah satu orang yang sukses karena jitu atau cermat mengamati lingkungan sekitar mereka adalah Roni Dwi Wijayanto.

Dengan bermodal berupa potongan – potongan bambu yang sudah tak terpakai lagi di gudang rumah, Roni mampu menghasilkan karya berupa lampu hias dari bambu dengan omset hingga jutaan rupiah per bulannya, saat ini.

  • Sekolah

Apabila anda sering pergi ke sekolah untuk mengantar anak, maka amatilah dengan seksama kegiatan – kegiatan apa saja yang dilakukan di sekolah secara formal atau informal, atau lihat sendiri kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh anak anda.

Dengan menguasai keadaan serta mengetahui kebutuhan anak sekolah, maka anda mulai belajar untuk menemukan inspirasi bisnis dimana ada banyak sekali jenis bisnis yang dapat dijalankan dalam bidang pendidikan seperti fotocopy, berjualan ATK, berjualan makanan ringan, seragam sekolah, les privat dan lain sebagainya.

  •  Tempat Berbelanja

Apa yang bisa anda petik dari tempat perbelanjaan seperti supermarket, pasar tradisional dan pertokoan ? Tentunya tempat – tempat tersebut erat hubungannya dengan jual beli benda – benda berharga yang memiliki banyak sekali peluang bisnis UKM untuk anda coba kembangkan.

Seperti di pasar tradisional, dengan mudah anda bisa menjual berbagai kebutuhan konsumen selain bisa menjadi tukang ojek, tukang angkut – angkut barang dan profesi berguna lainnya.

  • Saat Liburan

Seperti yang dilakukan oleh penemu Disneyland, beliau berhasil menemukan inspirasi bisnis skala besar ketika sedang berlibur.

Padahal liburan merupakan waktu untuk bersenang – senang dengan orang – orang terkasih dan menghilangkan penat serta rasa bosan dari menjalani rutinitas kehidupan sehari – hari yang penuh kesibukan sangat padat.

Baca Artikel Lainnya :

Karena anda cermat mengawasi lingkungan sekitar tempat anda berlibur, mungkin anda bisa menjadi orang sukses.

Terkadang anda tidak tahu inspirasi itu datangnya dari mana, bisa kapan saja saat anda sedang makan siang bersama kolega atau keluarga ketika berlibur, anda akan dengan mudah menemukan ide bisnis yang bisa dicoba. Bahkan dengan bermimpi pun, inspirasi bisnis tersebut akan muncul.

Semoga bisa bermanfaat dan menemukan inspirasi bisnis yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *