Tempat-tempat Wisata Alam yang Paling Terkenal di Solo

Tidak sah rasanya jika kita berlibur ke suatu daerah tanpa mengunjungi tempat wisatanya. Solo adalah sebuah daerah di Jawa Tengah yang mempunyai banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah Tempat-tempat wisata alam yang paling terkenal di Solo.

  1. Sungai Bengawan Solo

q 117

Sungai Bengawan Solo adalah Sungai terpanjang di Pulau Jawa yang ada di Solo. Sungai ini memiliki panjang 548,53 km.

Sungai ini sering dijadikan tempat festival kebudayaan khas Solo yaitu Festival Getek. Anda bisa menikmati Objek Wisata Sungai Bengawan Solo dengan menyewa perahu yang disewakan  oleh warga setempat. Kita dapat menikmati indahnya sungai ini menggunaka perahu.

  1. Air Terjun Segoro Gunung

q 118

Keindahan Air Terjun segoro Gunung mampu menarik minat wisatawan asing dan lokal untuk berkunjung ke sini. Pemandangan keindahan alam di Air Terjun Segoro Gunung Solo ini membuat anda betah berlama-lama di sini.

Letak air terjun ini tepatnya adalah di daerah Gunung Lawu, Desa Segoro Gunung.  Waktu yang ditempuh ke Air Terjun Segoro Gunung dari pusat Kota Solo adalah 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Air Terjun ini memiliki ketinggian 20 meter.

  1. Air Terjun Parang Ijo

q 119

Air Terjun Parang Ijo terletak di Lereng Gunung Lawu, yang lebih tinggi dari Air Terjun Segoro Gunung, yaitu 50 meter. Pemandangan yang disuguhkan air Terjun Parang Ijo tak kalah bagusnya dengan Air Terjun Segoro Gunung.

Lokasi dari Air terjun ini hanya berjarak 2 km dari tempat wisata Candi Cetho. Jalan menuju Air Terjun Parang Ijo berkelok, jadi anda harus waspada jika mengunjungi objek wiata Air Terjun Parang Ijo menggunakan mobil pribadi.

Untuk masuk ke tempat wisata Air Terjun Parang Ijo anda harus membayar tiket sebesar Rp. 2.500.

  1. Taman Oase Edu Park UMS

q 120

Taman Oase Edu Park UMS terletak di Kota Solo dengan luas lahan sekitar 6.5 Hektare. Taman Oase Edu Park UMS ini baru dibuka pada tahun 2014. DI Taman Oase Edu Park UMS terdapat 100 jenis tanaman langka.

Taman Oase Edu Park UMS sangat nyaman dan fasilitasnya sangat lengkap yaitu ada musola, tempat parkir luas, dan tempat makan yang banyak.Pemandangan di sekitar Taman Oase Edu Park UMS sangat asri dan hijau, sehingga membuat kita betah berlama dsini.

Untuk masuk ke Taman Oase Edu Park UMS tidak dikumut biaya sama sekali. Kita hanya membayar uang parkir jika kita membawa kendaraan pribadi.

  1. Taman Balekambang

q 121

Taman Balekambang merupakan taman  kota yang banyak digunakan oleh warga sekitar, wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk berekreasi atau sekedar duduk santai menikmati pemandangan dan udara di Sekitar Taman Balekambang.

Di Taman ini terdapat pohon-pohon rindang yang membuat suasana Taman Balekambang menjadi semakin sejuk. Dan di sekitar Taman banyak disediakan bangku-bangku taman agar pengunjung bisa duduk santai menikmati taman.

  1. Taman Sriwedari

q 122

Taman ini dahulu digunakan sebagai pusat hiburan bagi orang-orang Keraton. Namun sekarang sudah berubah fungsi menjadi tempat taman hiburan yang terbuka untuk umum. Di taman Sriwedari terdapat 16 wahana bermain anak, waterpark, dan hiburan lainnya.

Taman Sriwedari juga sering dijadikan tempat festival budaya khas Solo dan festival musik tradisional maupun modern.

Baca Artikel Lainnya :

Tak heran jika waktu liburan tiba, Taman Sriwedari sangat ramai dikunjungi oleh keluarga.

Jika anda penasaran dengan keindahan alam di Solo, berkunjunglah ke tempat-tempat wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *