Tempat-Tempat Wisata di Bandung yang Jarang Diketahui Orang

Kota Bandung sering sekali menjadi pilihan destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berakhir pekan ataupun menghabiskan liburan panjang. Bandung terkenal dengan Factory Outlet nya yang bertebaran di mana-mana.

Di daerah Cihampelas contohnya, banyak sekali ditemukan Factory Outlet yang menjual berbagai jenis barang diantaranya yang paling sering ditemukan adalah kaos Bandung, tas hand made, baju-baju sisa export, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari Rp. 15.000 kita sudah bisa mendapatkan kaos khas Bandung.

Ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk berlibur ke Bandung. Selain wisata belanja, Bandung juga terkenal dengan pusat wisata kuliner dan banyak sekali restoran, café, dan pusat kuliner yang menyediakan berbagai fasilitas yang membuat wisatawan dari luar kota Bandung maupun wisatawan asing tertarik.

Selain wisata belanja dan kuliner, Bandung juga mempunyai wisata alam yang sudah sangat dikenal oleh orang banyak diantaranya Tangguban Perahu, Kawah Putih Ciwidey, Bosscha, Kampung Gajah, Kebun Strawberry. Tapi taukah anda anda tempat wisata di Bandung berikut ini? Berikut ini adalah tempat wisata di Bandung yang menarik untuk dikunjungi dan belum banyak orang yang tahu tentang wisata ini :

1. Stone Garden

Stone Garden adalah situs purbakala yang terletak di puncak gunung pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten, Bandung Barat. Batu – batuan yang ada di tempat ini terlihat mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Bahkan ketika berkeliling di tempat ini, jika beruntung anda akan menemukan batuan unik seperti kerang laut, atau bahkan fosil tumbuhan laut.

Stone Garden berada di 709 meter di atas permukaan laut ini tidak jauh dari lokasi Karang Hawu. Situs purbakala Stone Garden bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Beberapa rute yang bisa gunakan adalah dari arah Cimahi atau Kota Bandung. Jika menggunakan mobil jalur yang disarankan adalah melewati Tol Purbaleunyi, keluar tol Padalarang menuju arah Cianjur. Setelah keluar dari jalan tol, arahkan kendaraan menuju kawasan Tagog Apu lalu terus berjalan.

Ketika di sebelah kanan jalan melihat gapura berwarna hitam menuju kawasan Gua Pawon. Stone Garden berarti sudah tidak jauh lagi.

Namun, karena belum dikelola maksimal untuk mencapai puncaknya jalan yang dilewati tidak mulus karena jalan yang curam. Pengunjung harus berjalan sepanjang 1,5 kilometer menuju puncak Gunung Pawon. Terlebih hanya ada jalan setapak untuk bisa menuju puncak gunung.

a 57

Gambar 1.1 Stone Garden Bandung

2. Situ Cileunca Pengalengan

Tempat Wisata Di Bandung Selatan ini merupakan sebuah danau buatan seluas 1.400 hektar yang berada di daerah dataran tinggi/pegunungan di Pangalengan Bandung yang sangat dingin. Situ Cileunca Pangalengan juga digunakan sebagai sumber air untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Air yang berasal dari danau tersebut kemudian dialirkan melalui Sungai Palayangan.Untuk memasuki Situ Cileunca, dikenakan tarif Rp. 2.500 untuk setiap orang. Namun fasilitas di Situ Cieunca belum selengkap fasilitas di tempat wisata yang terkenal di Bandung lainnya, oleh karena itu Situ Cileunca masih sepi pengunjung.

Untuk mengakses Situ Cileunca Pangalengan, anda cukup mudah menemukan lokasinya karena tersedia bus yang menghubungkan Bandung ke Pagalengan. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, maka apabila anda dari arah Kota Bandung anda harus melewati Katapang, Banjaran dan Pengalengan.

a 58

Gambar 1.2 Situ Cileunca

3. Hutan Pinus Batu Kuda

Hutan Pinus Batu Kuda berlokasi di di bawah kaki gunung Manglayang Kab Bandung. Di sana terdapat hamparan hutan pinus yang sangat luas yang dikelola oleh Perhutani. Meskipun telah menjadi objek wisata, namun nama Batu Kuda sendiri masih terdengar asing bagi orang-orang.

Sekilas Hutan pinus Batu Kuda seperti lokasi syuting film box office Twilight. Hutan Pinus Batu Kuda ini sering sekali digunakan untuk tempat berkemah dan juga hiking.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Wisata Batu Kuda, lokasinya sangat mudah dijangkau. Bila datang dari Jakarta, bisa keluar dari pintu tol Cileunyi yang cukup dekat ke lokasi.Tapi bisa juga melalui Gate Pasteur atau Buah Batu.

Baca Artikel Lainnya :

Bila dari pintu tol Cileunyi, ikuti petunjuk jalan menuju arah Cibiru, jangan sampai terlewat karena lokasi wisata ini belum banyak dikenal dan dikelola dengan baik hingga petunjuk jalan pun sangat minim.

a 59

Gambar 1.3 Hutan Pinus Batu Kuda

Nah, menarik bukan? Tempat wisata diatas sangat patut dikunjungi jika anda berlibur ke Bandung. Tapi ingat, jaga terus kebersihan dan kelestarian tempat wisata anda, agar tidak rusak dan tetap lestari, sehingga dapat menarik minat wisatawan mancanegara untuk mengunjungi tempat wisata.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *