Tempat Wisata yang belum terjamah : Air Terjun Sumenep

Saat mendengar kata “Sumenep” mungkin bayangan kita akan menjurus pada Kabupaten Sumenep di Madura Jawa Timur yang terkenal dengan Kerapan Sapinya. Namun yang kita bahas sekarang ini bukan tentang Kabupaten Sumenep tapi sebuah air terjun yang masih asli dan belum terjamah manusia yakni Air Terjun Sumenep.

s 192

Air terjun Sumenep adalah sebuah nama air terjun yang berada di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Batealit Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Air terjun ini berada dalam sebuah kawasan hutan wono pinus setro / tinesan di Dusun Setro Desa Batealit.

Pemandangannya masih sangat asri dan alami karena belum terjamah tangan-tangan jahil manusia. Udaranya juga sangat sejuk, cocok untuk sarana melepas penat dan gerah. Air terjunnya sendiri bertingkat tiga dan terlihat megah serta mempesona.

Suara gemricik dari air yang jatuh dari ketinggian tebing membuat harmoni alam yang merdu. Siapapun akan betah berlama-lama disini, menikmati keindahan panaromanya.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sumenep, anda harus berjalan sekitar 40 menit dengan berjalan kaki dari lokasi parkir yang ditentukan di kawasan tersebut.

Selama perjalanan ke area air terjun, anda tidak akan merasa capek atau bosan karena di kanan kiri jalan akan disuguhi pemandangan alam sekitar yang hijau, asri dan mempesona.

Di 10 menit pertama dalam perjalanan, ada jalan berbatu yang tertata rapi dengan lebar kurang lebih 2 meter. Jalanan berbatu ini melewati punggung bukit. Dari jalanan berbatu, kemudian ada jalan setapak dengan lebar kurang lebih setengah meter saja. Di pertigaan harus belok kiri dan menyusuri jalan setapak menuju air terjun.

Lokasi air terjun tingkat pertama berada di bawah bukit, sehingga anda harus menuruni bukit menuju areal persawahan dan menuju air terjunnya. Air Terjun Pertama merupakan air terjun tingkat terbawah dan terdiri dari dinding-dinding batu yang menghiasi sekitarnya. Disini ada 3 buah aliran air yang berajajar rapi.

Perjalanan dapat dilanjutkan ke air terjun kedua yang letaknya tidak begitu jauh dari air terjun pertama. Hanya 10 menit berjalan kaki anda sudah sampai disana. Air terjun kedua ini adalah air terjun yang terindah diantara 2 Air Terjun Sumenep lainnya.

Dindingnya berupa batu yang membentuk setengah lingkaran dan dihiasi dengan akar gantung alami, lumut dan rumput-rumput hijau. Disini juga terdapat tiga aliran terjun yang eksotik nan memikat mata.

Jika sudah puas menikmati pemandangan di air terjun kedua, anda bisa melanjutkan ke air terjun ketiga. Perjalanan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 12 menit dengan berjalan kaki. Tapi jalanannya sedikit menanjak.

Baca Artikel Lainnya :

Di kanan dan kiri air terjun terdapat lereng-lereng yang curam dan licin. Di air terjun ini terdapat dua aliran air yang besar dan merupakan yang paling tinggi diantara air terjun lainnya. Pemandangan alam yang asri membuat anda tidak akan menyesal saat sudah sampai disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *