Tentang dan Morfologi Collembola (Ekor Pegas)

Tentang dan Morfologi Collembola (Ekor Pegas) – Collembola berasal dari bahasa Yunani, yaitu colle (=lem) dan embolon (=piston). Penamaan ini berdasarkan adanya tabung ventral (kolofor) pada sisi ventral ruas abdomen pertama yang menghasilkan perekat (Hopkin, 1997).Collembola saat ini tidak masuk dalam daftar Insekta hal ini terbukti oleh beberapa perbedaan.Collembola memiliki jumlah ruas abdomen hanya 6, sedangkan pada Insekta biasanya terdapat 13 ruas. Antena Collembola terdiri dari 4 ruas yang masing-masing dilengkapi oleh otot intrinsik namun pada Insekta hanya dua ruas pangkal yang berotot intrinsik.Berbeda dengan Insekta, tungkaiCollembola hanya mempunyai satu ruas tibiotarsus.Di samping itu, telur Collembola juga menunjukkan pembelahan total selama perkembangan .

a

Collembola dikenal dengan istilah Springtails (Ekorpegas) karena mempunyai struktur bercabang (furka) pada bagian ventral ruas abdomen keempat. Saat istirahat furka terlipat ke depan dan dijepit oleh gigi retinakulum. Retinakulum atau tenakulum merupakan embelan berbentuk capit yang terdapat pada bagian ventral abdomen ketiga. Ketika otot berkontraksi, furka kembali ke posisi tidak lentur kemudian akan memukul substrat sehingga mendorongCollembola ke udara).

Menurut Wallwork (1970) Collembola termasuk kelompok mesofauna karena mempunyai ukuran tubuh berkisar antara 0.25 mm sampai 8.00 mm. Warna tubuh bervariasi, putih, hitam, abu-abu, warna lain, dan bercorak, serta dilengkapi seta. Tubuh Collembola terbagi atas tiga bagian, yaitu kepala, toraks, dan abdomen. Collembola memiliki antena empat ruas dengan panjang yang bervariasi.Antena jantan pada famili tertentu kadang-kadangmengalami modifikasi sebagai organ penjepit.Antena mempunyai seta kemosensorik. Ujung antena bentuknya bervariasi dan berfungsi sebagai olfaktori. Bagian mulut tersembunyi di dalam kepala (entognathus), lonjong, dan menonjol. Mulut beradaptasi untuk menggigit-mengunyah atau untuk menghisap cairan.Mandibula kadang-kadang tidak ada. Labium dan palpus maksila berkembang baik, kadang-kadang ada yang tereduksi atau tidak punya.

Di belakang antena terdapat sepasang mata majemuk dan organ yang menyerupai cincin atau roset yang dikenal sebagai sensor penciuman. Tipe mulut dari Collembola adalah mengunyah, tetapi dengan variasi bentuk maxila dan mandibula antara lain : panjang, runcing seperti stilet, genae atau pipi tereduksi, bersatu dengan sisi labium membentuk sebuah lubang kerucut di dalam, sehingga bagian mulut yang lain nampak melekuk ke dalam.

Abdomen Collembola terdiri dari enam ruas.Pada bagian ventral ruas pertama terdapat tabung ventral (kolofor), ruas ketiga terdapat retinakulum, dan ruas keempat terdapat furka.Furka terdiri dari bagian basal, manubrium, sepasang dens, dan mukro bergigi atau berlamela.Celah genital jantan atau betina terdapat pada ventral abdomen ruas kelima.Celah anal berada pada ventral abdomen ruas keenam (Greenslade 1996).Ruas toraks jelas terlihat pada famili Poduromorpha dan Entomobryomorpha dibandingkan pada famili Symphypleona danNeelipleona.Famili Symphypleona dan Neelipleona mempunyai ruas toraks yang bersatu sampai dengan abdomen.Masing-masing tungkai dibagi menjadi dua subkoksa, koksa, trokanter, femur, tibiotarsus, dan pretarsus.Tibiotarsus ditunjang oleh rambut yang panjang, seringkali bagian ujung menggada (klavata), menghasilkan sekresi dari kelenjar basal epidermis yang berfungsi untuk menempel pada permukaan yang licin.Pretarsus ditunjang cakar tunggaldan imbuhan empodial (unguiculus).

Collembolabiasanya dianggap sebagai binatang yang primitif, karena struktur anggota tubuhnya relatif sederhana.Collembolatidak mengalami metamorfosis (ametabola), sehingga individu muda serupa dengan yang dewasa baik pada penampakan maupun habitatnya.Perbedaan yang mendasar hanya terdapat pada ukuran tubuh dan kematangan seksual.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *