Teori Ilmuwan Tentang Adanya Lubang Hitam di Galaksi

Masalah tentang lubang hitam ini belum berhenti juga diperdebatkan oleh para ilmuwan. Lubang hitam sering dikaitkan dengan transfer antar ruang waktu ataupun tentang berakhirnya dunia. (Baca Juga : Pengertian Galaksi)

d 7

Semua orang yang menjadi penduduk Bumi sangat antusias mengenai topik ini. Artinya semua orang juga ingin tahu setiap perkembangannya untuk kemudian mengetahui kebenarannya, apa yang ada di balik lubang hitam.

Istilah lubang hitam sendiri diperkenalkan pada tahun1967 oleh seorang fisikawan berkebangsaan Amerika Serikat bernama Archibald Wheelar. Alasannya menyebut lubang hitam karena ia menyerap apapun yang ada di sekitarnya. Bahkan cahaya pun tak dapat lari darinya, sehingga ruang di sekitarnya benar-benar gelap, hitam.

Meski istilahnya baru diperkenalkan pada 1967, namun konsepnya sendiri sudah ditemukan sejak abad ke-18, tepatnya pada tahun 1783 oleh John Mitchell dan Pierre Simon Laplace. Kemudian konsep ini terus berkembang dan semakin populer berkat seorang fisikawan bernama Stephen Hawking.

Penelitian mengungkapkan bahwa proses terbentuknya lubang hitam diawali oleh ledakan Supernova. Ledakan Supernova terjadi akibat ledakan bintang merah raksasa. Ledakan ini selain menghasilkan lubang hitam juga menghasilkan suatu bintang yang disebut sebagai Netron.

Bintang merah tidak serta merta terbentuk begitu saja. Namun merupakan hasil transformasi dari bintang biru raksasa. Bintang biru raksasa sendiri terbentuk dari pembakaran hidrogen bintang biru yang suhu permukaannya mencapai lebih dari 250000 Celcius. Wow! Proses ini memakan waktu setidaknya 10 juta tahun lamanya.

Setelah menjadi bintang biru raksasa yang amat panas, akhirnya suhu bintang ini menurun dan menjadi dingin. Inilah yang disebut bintang merah raksasa. Akibat tarikan gaya gravitasinya yang amat kuat, akhirnya bintang merah raksasa ini meledak. Ledakan ini yang disebut sebagai Supernova.

Apa yang saja jelaskan tadi merupakan isi dari teori evolusi bintang.

Kalau lubang hitam berasal dari bintang merah raksasa, maka lubang hitam sendiri seberapa besarnya ya?

Baca Artikel Lainnya :

Besarnya lubang hitam ini lebih besar dari bintang terbesar di tata surya kita, yaitu Matahari.

Sampai sekarang, hal ini masih menjadi perdebatan para pakar fisika dan ilmuwan lainnya. Belum ada studi yang mampu meneliti sampai masuk ke dalam black hole ini. Meski ilmu pengetahuan dan teknologi sudah secanggih ini.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *