Terapi Kesehatan Untuk Penderita Vertigo

Penyebab utama vertigo adalah adanya gangguan pada sistem vestikular yang menyebabkan perasaan berputar disertai gejala lain seperti mual, limbung, dan lainnya. Pengobatan pada vertigo tidak bisa diputuskan sendiri.

Penderita perlu dirujuk ke dokter atau ahli medis terkait karena perlu dilakukan observasi secara medis agar diketahui penyebab utama terjadinya vertigo. Hasil observasi akan menentukan tindakan lanjut yang dibutuhkan oleh pasien.

p 20

Agar lebih jelasnya mari kita jabarkan satu persatu penyebab vertigo dan jenis terapi yang dibutuhkan.

1. BSVV / Vertigo PosisiParoksismalJinak

BSVV adalah jenis vertigo yang paling umum. Penyebabnya adalah adanya debris, sejenis batuan kecil, yang bergeser dari telinga kesyaraf keseimbangan di otak. Untuk mengatasi vertigo jenis ini dapat menggunakan terapi vibrasi yang disebut dengan Canalith Repositioning Therapy.

Caranya adalah dengan menempelkan sebuah alat yang berfungsi untuk menggetarkan dan meruntuhkan debris yang menempel pada otak. Pada beberapa kasus jenis vertigo seperti ini juga bisa menghilang dalam hitungan minggu atau bulan bahkan jika tidak dilakukan tindakan medis apapun.

2. Gangguan pada system syaraf pusat

Beberapa jenis penyakit pada system syaraf pusat yang dapa tmemicu vertigo adalah stroke, kerusakan leher, tumor, atau sejenis multiple sclerosis.Jika vertigo yang datang disebabkan oleh penyakit tersebut maka pasien akan mendapatkan terapi tersendiri sesuai dengan diagnosa yang diterima.

3. Radang atau infeksi akibat virus atau bakteri

Beberapa jenis gangguan atau radang akibat virus atau bakteri adalah Vestibular neuritis, yaitu inflamasi pada syaraf vestibular yang terjadi karena serangan virus. Untuk mengatasi vertigo jenis ini biasanya akan digunakan obat-obatan jenis antibiotik yang fungsinya untuk menghentikan pergerakan virus atau bakteri yang menganggu.

4. Efek dari penyakit tertentu

Ada beberapa jenis penyakit yang memicu vertigo, beberapa diantaranya adalah migraine dan Meniere. Meniere adalah salah satu jenis penyakit langka yang disebabkan kelebihan cairan pada telinga sehingga mengakibatkan terganggunya fungsi keseimbangan pada manusia.

Beberapa jenis terapi yang disarankan untukmencegah dan mengobati Meniere antaralain :

  • Konsumsi obat yang dirujuk oleh ahli medis,
  • Memperbaiki pola makan, melakukan diet rendah garam
  • Terapi rutin dengan fisio terapi untuk mengatasi masalah keseimbangan
  • Penggunaan alat bantu dengar
  • Terapi suara untuk mengatasi “telinga berdengung”
  • Penanganan pada gejala sekunder yang dialami oleh penderita seperti stress, kecemasan berlebih, atau depresi.

Baca Artikel Lainnya :

Selain yang telah disebutkan di atas, vertigo juga bisa disebabkan oleh kelelahan kronis, stress, pola hidup yang tidak sehat, cedera pada kepala, atau akibat kurangnya asupan oksigen ke otak.

Bervariasinya penyebab dari serangan vertigo menjadikan pasien tidak boleh menganggap ringan gangguan keseimbangan yang satu ini.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *