Ternyata Vitamin dan Mineral Berbeda

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat banyak cara bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan olahraga dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya kandungan buah dan sayur memang jauh lebih bermanfaat, diantaranya adalah vitamin dan juga mineral berbagai jenis. 2 zat ini memiliki banyak peran di dalam tubuh.

fia 49

oleh sebab itu sering kali dijumpai mereka yang tengah diet hanya mengonsumsi buah dan sayur tiap harinya tanpa tambahan protein dan karbo namun tetap bisa menjalani aktivitas sebagaimana mestinya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan untuk menunjang kecantikan vitamin dan mineral memang menjadi produk yang wajib untuk dikonsumsi tiap harinya. Selain berasal dari buah dan juga sayur saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkannya secara instan.

Tak jarang diantara produsen obat yang sudah mengemasnya dalam bentuk kapsul yang bisa dikonsumsi dengan apapun, tanpa rasa dan tak mengubah rasa makanan. Hal ini tentunya memudahkan kita sebagai konsumen dalam menunjang kebutuhan vitamin dan miner harian bukan.

Beberapa diantara Anda mungkin juga ada yang bertanya-tanya, jika vitamin dan mineral kebanyakan bisa dijumpai secara bersama-sama dalam sebuah produk lalu apa yang membedakan dua zat tersebut. Banyak memang yang salah mengartikan bahwa 2 produk ini sama padahal sangat jauh berbeda.

Perbedaan paling mendasar sendiri bisa kita jumpai dari senyawa yang ada di dalamnya, satunya merupakan organik atau yang berasal dari alam sedangkan yang satunya adalah produk anorganik, namun tetap sehat dan bagus untuk tubuh.

Vitamin merupakan produk organik sedangkan untuk mineral adalah produk anorganik, namun beberapa diantara vitamin juga tak hanya bisa didapatkan dari buah dan sayur melainkan juga hewan, mungkin beberapa dari kamu pernah mengenal hal yang satu ini.

Jenisnya sendiri vitamin terbagi atas 2 yaitu yang bisa larut di dalam air dan yang hanya bisa terlarut dalam lemak, inilah kemudian pentingnya seseorang mengonsumsi atau paling tidak memiliki lemak dalam tubuh, yaitu untuk melarutkan vitamin-vitamin yang masuk ke dalamnya.

Sejalan dengan hal tersebut juga perlu diketahui bahwa kebanyakan vitamin bisa dengan mudah larut pada air, inilah kemudian sangat dianjurkan untuk mencucinya secara cepat agar saat Anda konsumsi sayur maupun buah tak hanya ampasnya saja yang di dapatkan, melainkan juga vitamin yang masih ada di dalamnya.

Begitu juga saat perebusan sayur. Jangan terlalu lama hingga lembek, usahakan untuk menyudahi setelah dirasa cukup, semakin segar maka kandungan vitamin tetap terjaga di dalamnya.

Untuk lebih singkatnya berikut ini ringkasan perbedaan antara vitamin dengan mineral, yaitu:

  1. Vitamin adalah jenis senyawa organik yang bisa didapatkan dari tumbuhan maupun hewan, sedangkan mineral tergolong sebagai senyawa jenis anorganik, selain bisa di dapatkan dari air tanah juga banyak terdapat pada buah dan sayur.
  2. Jika dilihat dari bentuk kimianya mineral jauh lebih sederhana dibandingkan dengan vitamin, molekulnya sangat kecil.
  3. Semua jenis vitamin bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh, namun tak demikian dengan mineral, beberapa jenis memang penting dan bermanfaat namun ada juga beberapa diantaranya yang tak layak konsumsi karena memiliki efek samping buruk.

Sekarang Anda misa membedakan bukan mana vitamin dan juga mineral begitu juga dengan kegunaannya, karena pada dasarnya 2 senyawa ini sangat jauh berbeda meskipun terkadang terletak secara berdampingan dari sumber bahannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *