Terungkap Asal Mula Kenapa Cokelat Identik Dengan Hari Valentine ?

Ketika Ratu Marie Antoinette menikah dengan Pangeran Louis XVI pada tahun 1770, ia membawa koki pribadinya ke istana barunya yaitu Versailles karena beliau dikenal sangat pandai membuat beragam olahan makanan dan minuman dari cokelat.

Pembuat cokelat pribadi milik sang ratu tersebut biasa meracik resep cokelat yang dicampur dengan bubuk bunga anggrek untuk fungsi kekuatan, cokelat dengan perasan jeruk lemon untuk menenangkan saraf, dan cokelat dengan susu dan tepung kacang almond untuk membantu pencernaan.

n 80

Pada era tahun 1840an, cokelat mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga ke Inggris dan dikaitkan sebagai hadiah favorit untuk perayaan hari Valentine yang diperingati secara besar – besaran oleh pasangan kekasih di kota – kota besar di Inggris.

Terutama oleh para bangsawan era Victoria yang sangat suka merayakan hari kasih sayang tersebut dengan kekasihnya atau keluarga guna  mengungkapkan perasaan mereka melalui kartu ucapan dan berbagi hadiah berupa cokelat.

Saat itu, diketahui Richard Cadbury, seorang pengusaha cokelat terkenal yang berasal dari keluarga pemilik pabrik cokelat terbesar di Inggris turut berperan besar dalam pemasaran cokelat kreasi perusahaannya bermerek cokelat cadbury yang khusus mengembangkan teknik pembuatan cokelat batang.

Dan juga beragam variasinya sebagai hasil ekstraksi biji kakao dan memproduksi bubuk cokelat untuk minuman olahan dari serbuk cokelat yang saat ini sudah banyak dikonsumsi oleh seluruh warga Inggris dan mancanegara.

Cadbury memproses biji kakao pertama kali dalam bentuk cair yang pekat. Inilah yang mengawali Cadbury selanjutnya memproduksi cokelat batang atau cokelat padat yang banyak disantap oleh masyarakat di dunia.

Cadbury jitu dalam melihat banyaknya peluang pemasaran untuk jenis cokelat baru dan mulai menjualnya dengan kemasan – kemasan cantik dalam kotak yang dilengkapi beragam ornamen rancangan Cadbury sendiri.

Mereka menghiasi kotak – kotak tersebut berisi cokelat padat yang lezat dengan gambar cupid kota Roma dan pada hari – hari tertentu mereka membuat kemasan kotak berbentuk hati seperti perayaan Valentine, Natal dan tahun baru atau Imlek di China.

Meskipun Cadbury tak pernah mematenkan kemasan kotak berbentuk hati, tapi menurut internet, diyakini bahwa Cadbury adalah orang pertama yang menciptakan kotak berbentuk hati untuk mengemas cokelat karya perusahaan mereka.

Cadbury selanjutnya memasarkan kotak berbentuk hati dengan dua manfaat terselip di dalamnya, saat konsumen selesai menyantap semua isi cokelat di dalamnya, maka kotaknya bisa digunakan kembali untuk menyimpan benda – benda lainnya seperti perhiasan, dll. Kotak ini sangat populer pada waktu itu hingga Perang Dunia II dimulai.

Setelah Perang Dunia II usai, Cadbury kembali diburu oleh pasangan kekasih di Eropa sebagai hadiah favorit untuk perayaan hari Valentine yang identik dengan tradisi menyantap cokelat dalam kemasan cantik berupa kotak dan hiasan berbentuk hati di atasnya.

Tradisi ini kemudian berkembang ke Jepang saat Valentines Day ditetapkan sebagai hari nasional dimana para pasangan wanita memberikan cokelat buat pria yang mereka sukai. Hal ini wajib dilakukan untuk wanita perkantoran. Sebutan lain buat hari ini di Jepang adalah  Whites Day, yang dirayakan setiap tanggal 14 Maret.

Selanjutnya ke masa depan, terungkap bahwa hari Valentine dilambangkan dengan pemberian hadiah berupa cokelat kepada pasangan kekasih karena asal mula kebiasaan cantik ini adalah terjadi merujuk pada adat kebiasaan di Eropa dan Amerika yang berlaku bagi para penganutnya bahwa  Valentine sangat tepat dilambangkan dengan cokelat.

Cokelat merupakan hadiah yang bersifat unik, cantik dan spesial sebagai ungkapan rasa cinta dan kasih diantara sepasang kekasih atau orang – orang terkasih dalam satu tali ikatan kekeluargaan meskipun sebenarnya kebiasaan ini bertentangan dengan agama dan adat yang berlaku di Indonesia dan negara – negara Asia lainnya.

Karena di dalamnya terselip makna hubungan seksual yang membara setelah pasangan kekasih menyantap cokelat hadiah masing – masing dan diharapkan hubungan mereka menjadi langgeng hingga pernikahan.

Cekelat memang memiliki sejarah sebagai lambang atau makanan yang identik dengan cinta. Keinginan kuat untuk bercinta setelah makan cokelat juga dibenarkan menurut sejarah suku Mesoamerican di Amerika Latin.

Pada masa itu, cokelat merupakan sebuah barang yang mahal dan mewah serta masih langka di masyarakat, dan hanya diperuntukkan bagi orang – orang tertentu saja terutama dari suku elit kelas atas seperti Maya dan Aztec.

Diketahui mereka gemar menikmatinya dengan menjadikan minuman campuran antara serbuk biji kakao dengan tepung maizena, serbuk vanila, madu, dan serbuk cabai. Biji kakao merupakan komoditas berharga seperti halnya emas dan bisa digunakan untuk membayar pajak yang dipungut oleh penguasa Aztec.

Berdasarkan penjelasan kami tersebut di atas, bisa diulang kembali penjelasan tentang apa hubungan antara cokelat dengan hari Valentine ? Ternyata hubungan keduanya sebenarnya hanyalah kebetulan saja.

Hal tersebut terjadi seiring meningkatnya permintaan cokelat sebagai salah satu makanan yang cukup populer bagi masyarakat di dunia serta penetapan hari Valentine sebagai sebuah hari libur besar yang identik dengan perayaan tahun baru dimana yang melakoninya wajib melakukan tradisi saling tukar kado kepada orang – orang yang dekat dengan mereka.

Pada tahun 1837, ratu Victoria menjadikan hari Valentine sebagai sebuah perayaan besar di Inggris dan hal ini disambut dengan suka cita dan sangat meriah oleh rakyatnya layaknya perayaan Natal dan tahun baru.

Baca Artikel Lainnya :

Hingga saat ini hari Valentine sangat lekat dengan tradisi menyantap cokelat yang dikemas dalam ragam kotak dan hiasan spesial berbentuk hati. Nah, apakah anda sudah mempersiapkan hadiah untuk pasangan di hari Kasih Sayang nanti seperti ulasan kami tersebut di atas ?

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *