Terungkap Sejarah dan Asal Mula Perayaan April Mop Di Dunia

April Mop atau lebih populer dikenal dengan nama April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahunnya di Eropa dan Amerika.

Pada hari tersebut, anak – anak diperbolehkan untuk berbohong atau memberi lelucon kepada teman – teman mereka atau orang lain tanpa harus kuatir dianggap bersalah. Sejak dini hari, acara April Mop sudah dapat dimulai dimana semua sekolah diliburkan khusus untuk memperingati hari unik tersebut.

n 96

Pada hari “H” ditandai dengan tipu – menipu dan lelucon lainnya yang dilakukan terhadap keluarga, teman atau handai taulan, tetangga, bahkan musuh sekalipun terlibat dengan tujuan mempermalukan orang – orang yang mudah kena tipu.

Dibeberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon April Mop hanya boleh dilakukan pada waktu siang hari antara pukul 7 pagi hingga 11 siang atau sebelum siang hari (jam 12 siang).

Seseorang yang memainkan trik ini setelah tengah hari disebut sebagai si biang keladi atau April Mop. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat, lelucon April Mop bebas dimainkan sepanjang hari dari pagi sampai malam hari atau saat si pemain merasa bosan.

Meskipun sudah terkenal di seluruh dunia, hingga sekarang, sejarah April Mop masih bersifat simpang siur dikalangan pecinta permainan ini.

Artinya, April Mop merupakan sebuah misteri besar erat kaitannya dengan budaya orang Eropa yang suka melakukan pesta dan terkait banyak terhadap teori – teori ritual pesta yang kerap dilakukan oleh masyarakat Eropa pada jaman dulu. Bahkan, sejumlah negara – negara kecil di dunia memiliki versi April Mop sendiri – sendiri.

April Mop Versi Perancis

Mulai tahun 1582, di Perancis sudah mengenal dan memperingati April Mop ketika masa pemerintahan Raja Charles IX dimulai.

Ketika itu, Raja Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang semula berusia 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi yang digunakan oleh masyarakat dunia saat ini.

Sehingga, perayaan tahun baru yang pada awalnya dirayakan mulai tanggal 25 Maret hingga 1 April, dimajukan ke tanggal 1 Januari dan seluruh warga akhirnya menetapkan perayaan 1 April sebagai tahun baru mereka.

Meskipun tampak damai, tetapi pada tempat – tempat tertentu di Perancis sempat mengadakan perlawanan terhadap keputusan Paus karena tidak terbiasa dengan peraturan yang baru.

Perilaku mereka yang kekanak – kanakan tersebut justru mengundang tawa oleh sejumlah masyarakat lainnya di negara tetangga yang meledek mereka karena tindakan bodoh dalam menyikapi pembaharuan yang ada di lingkungan negara mereka dengan cara memberikan lelucon – lelucon palsu.

Meskipun diledek dan bercermin dari sejarah masa lalu yang sangat kelam, masyarakat Perancis tetap saja bertingkah aneh setiap tanggal 1 April (dimulai dini hari) dan akhirnya Paus menjadikannya sebagai sebuah tradisi tahunan yang sangat unik dilakukan oleh seluruh warga Perancis untuk bisa keluar dari sikap – sikap aneh tersebut.

Memasuki tahun 1782, tradisi ini berkembang cukup pesat seperti halnya tradisi perayaan Natal dan tahun baru yang banyak ditiru oleh orang Inggris untuk selanjutnya mempopulerkannya ke seluruh dunia.

April Mop Versi Perang Salib

Versi ini lebih banyak menjabarkan bahwa perayaan April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh Tentara Salib yang dilakukan melalui cara – cara penipuan.

Mereka tak segan – segan melakukan tindakan penipuan untuk tujuan melenyapkan sisa umat Islam yang masih menetap di Spanyol. Tentara Salib merayakan April Mop atas kemenangan mereka dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan meskipun dalam skala kecil untuk dilakoni oleh anak – anak dan berkedok hanya iseng saja.

Di masa itu, Tentara Salib menipu umat muslim Spanyol yang mengalami kalah perang. Mereka mengatakan bahwa warga Spanyol yang beragama Islam akan dibebaskan oleh Tentara Salib dan dibawa keluar dengan menggunakan kapal perang besar. Tetapi janji – janji mereka itu hanyalah bohong belaka.

Diketahui ternyata itu merupakan cara Tentara Salib untuk menipu masyarakat Spanyol yang beragama Muslim saja. Ketika muslim Spanyol mulai masuk satu per satu ke dalam kapal, mereka justru dibunuh oleh Tentara Salib di tengah laut yang ganas. Peristiwa keji inilah yang melatarbelakangi terjadinya April Mop pada tanggal 1 April.

April Mop Versi Spanyol

Sejarah April Mop juga digemari oleh warga Spanyol. Negara ini merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut dengan nama Dia de los Santos Inocentes dalam bahasa Spanyol.

Artinya sebuah hari sebagai hari anak – anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang – undang baru perlindungan terhadap mereka yaitu pada tanggal 28 Desember 1978 diundur sehari agar tidak dijadikan sebagai hari atau waktu melakukan tindak kriminal meskipun dalam skala kecil dan bahan olok – olok atau tertawaann publik.

Lebih lanjut diungkapkan oleh Joseph Boskin, seorang profesor dari Boston University, Boskin menjelaskan bahwa ide – ide April Mop digagas oleh para pelawak dari kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ke 3 hingga abad ke 4 pasca Masehi.

Awalnya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada Raja untuk memberi izin kepada mereka menjadi keluarga Raja hanya untuk sehari saja agar bisa merasakan fasilitas berlimpah di lingkungan kerajaan.

Tak disangka, sang Raja pun setuju dengan petisi tersebut dan mengangkat salah satu pelawaknya yang paling pintar bernama Jeter untuk menjadi Raja Sehari di lingkungan tempat tinggal mereka yaitu pada tanggal 1 April.

Setelah naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan bahwa tanggal ke masa depan, setiap tanggal 1 April tiap tahun wajib diperingati sebagai hari kemustahilan.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah uraian mengenai sejarah asal mula April Mop di mancanegara. Pada intinya menjelaskan bahwa April Mop adalah budaya barat yang memperbolehkan penganutnya memiliki sifat jahil meskipun sangat merugikan orang lain.

Jika anda ingin merayakan April Mop, sebaiknya hindari mengerjai teman – teman dekat anda dengan sesuatu cara yang berlebihan. Karena hal tersebut justru akan bisa membuat mereka menjadi marah beneran dan akhirnya bisa memicu perkelahian.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *