Theodore Roosevelt, Mantan Pemimpin Amerika Serikat

Biografi Theodore Roosevelt, Mantan Pemimpin Amerika Serikat – Theodore Roosevelt lahir pada tanggal 27 Oktober 1858. Theodore Roosevelt sering dipanggil sebagai Teddy or inisial TR. Theodore Roosevelt merupakan seorang penulis, petualang, tentara, seorang yang sering melakukan perubahan, dan negarawan Amerika serikat.roosevelt

Theodore Roosevelt pernah menjabat sebagai presiden Amerika serikat yang ke 26. Theodore Roosevelt menjabat sebagai presiden dari tahun 1901 hingga 1909. Sebagai pemimpin partai republic, Theodore Roosevelt memimpin pasukan di Era Progresif. Sejak lahir Theodore Roosevelt merupakan anak yang sering sakit-sakitan khususnya penyakit ashma namun dia berhasil mendapatkan kesehatannya kembali.

Sering kali Theodore Roosevelt menyatu padukan personality kebahagiannya, perhatiannya yang luas dan pencapaian dunia yang popular ke dalam sebuah pesona koboy dengan kejantanan yang sehat dan kuat.

Sekolah di rumah, Theodore Roosevelt menjadi penyelidik alam sepanjang hidupnya sebelum masuk ke Harvard College. Bukunya yang pertama dari banyak buku adalah The Naval War of 1812 yang dibuat pada tahun 1882, melalui buku ini membangun reputasinya sebagai sejarawan terpelajar dan seorang penulis yang terkenal.

Theodore Roosevelt masuk ke dunia politik, menjadi pemimpin golongan perubahan dari partai republic di badan legislative New York. Selanjutnya kematian istri dan ibunya, Theodore Roosevelt melarikan diri ke keganasan dan mengoperasikan sebuah peternakan di Dakotas. Theodore Roosevelt kembali untuk menjalankan Mayor di kota New York namun gagal di tahun 1886.

Theodore Roosevelt menjabat sebagai asisten sekretaris dari Navy di bawah William McKinley, mengundurkan diri setelah satu tahun menjabat dengan Rough Riders, kemudian mendapatkan perhatian nasional kerena keberaniannya selama perang di Cuba.

Kembali sebagai seorang pahlawan perang, Theodore Roosevelt dipilih sebagai gubernur dari New York di tahun 1898. Sebuah partai dibangun membuat teman seperjalannyannya McKinley di pemilihan tahun 1900.

Theodore Roosevelt mengkampanyekan hal ini dengan penuh semangat ke penjuru negeri, membantu McKinley memenangkan pemilihan ulang dengan sebuah selisih kelebihan suara yang sangat banyak pada podium kedamaian, kemakmuran dan konservatisme.

Pembunuhan presiden McKinley di bulan September 1901 dimana pada umur 42 tahun, Theodore Roosevelt saat itu menggantikannya menjadi presiden Amerika serikat termuda di dalam sejarah.

Memimpin partai dan negaranya ke dalam era Progresif, Theodore Roosevelt memenangkan politik domestiknya Square Deal, memjanjikan kerataan keadilan masyarakat, memecah kepercayaan, regulasi jalan kereta api serta makanan dan obat-obatan.

Membuat konservasi sebagai prioritas utama, Theodore Roosevelt membangut taman nasional, hutan dan monument di Amerika serikat dimana Theodore Roosevelt juga memulai membangun kanal Panama. Theodore Roosevelt berhasil mengakhiri perang Russo-Jepang sehingga membuat Theodore Roosevelt memenangkan nobel perdamaian di tahun 1906.

Merasakan frustasi di rumah, membawa Theodore Roosevelt untuk melakukan ekspedisi selama dua tahun di Amazon. Selam perang dunia pertama, Theodore Roosevelt menentang presiden Wilson untuk menjauhkan Amerika serikat dari perang melawan Jerman dan menawarkan layanan militernya yang tidak pernah ditanggapi.

Meskipun Theodore Roosevelt merencanakan untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden di tahun 1920, kesehatannya dengan cepat menurun dan Theodore Roosevelt meninggal di tanggal 6 Januari 1920.

Baca juga : Saddam Hussein, Mantan Presiden Iraq

Loading…

One thought on “Theodore Roosevelt, Mantan Pemimpin Amerika Serikat

  1. Pingback: Christopher Columbus, Penemu Benua Amerika | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *