Tidur Siang Bisa Bikin Anda Lebih Cerdas

Tidur Siang Bisa Bikin Anda Lebih Cerdas – Berbaring di tengah hari di tempat tidur dan memejamkan mata tanpa harus khawatir akan kesibukan sehari-hari terdengar sangat menyenangkan. Namun, siapa sangka, tidur siang ternyata lebih dari sekedar membuat kita rileks. Aktivitas ini lebih menyehatkan dari yang selama ini kita kira.

1

Jika Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang ingin menjadi jagoan di ujian berikutnya, Anda bisa mencoba trik tidur siang. Walaupun penemuannya masih dalam tahap permulaan, sebuah penelitian baru mengungkap prospek bahwa tidur, khususnya tidur siang dengan durasi cukup lama, bisa mempersiapkan otak untuk mengingat hal-hal dengan lebih mudah. Kita bahkan bisa membandingkannya dengan mereboot sebuah komputer agar perangkat tersebut bisa bekerja dengan performa lebih optimal.

“Tidur bukan hanya penting bagi tubuh. Kegiatan itu juga sangat penting bagi otak,” tulis penulis jurnal tersebut yang bernama Matthew Walker, seorang asisten professor pada University of California di Berkeley. Walker dan para koleganya membagi 39 orang dewasa muda menjadi dua kelompok.

Pada tengah hari, seluruh partisipan pada penelitian tersebut diminta untuk berpartisipasi pada sebuah latihan memori. Aktivitas itu mengharuskan mereka untuk mengingat beberapa wajah dan mengaitkannya dengan nama-nama. Lalu, para peneliti juga melangsungkan sebuah permainan latihan memori lain pada pukul enam petang, setelah 20 orang di antara partisipan itu melangsungkan tidur siang selama lebih kurang 100 menit selama jam istirahat.

Hasilnya ternyata cukup menunjukkan perbedaan signifikan. Mereka yang tetap terjaga t tampil 10 kali lebih buruk pada tes-tes itu dibandingkan dengan para partisipan yang telah melakukan tidur siang pada jam istirahat, begitu tutur Walker. Namun ternyata, ada sebuah kejutan lain: kemampuan orang-orang untuk belajar  normalnya menurun sekitar sepuluh persen antara pukul dua belas tengah hari dan jam enam petang, namun orang-orang yang tidur siang ternyata bisa melawan penurunan tersebut.

Struktur dari eksperimen tersebut menunjukkan bahwa sebuah fase yang dialami para partisipan tidur siang di mana mereka mengalami tidur tanpa mimpi bisa mendongkrak memori mereka. “Ini merupakan bukti lebih jauh bahwa tidur memainkan sebuah peran yang sangat kritis dalam memproses memori kita,” terang ilmuwan tersebut. “Ini juga memberikan bukti bahkan bukan saja merupakan hal yang penting untuk tidur setelah belajar, namun ternyata Anda juga memerlukannya sebelum belajar untuk mempersiapkan pemrosesan informasi.”

Namun, sangat penting untuk dicatat, bahwa Anda harus tidur cukup panjang untuk memberikan otak Anda sebuah kesempatan untuk melalui berbagai siklus tidur. Menggunakan perangkat electroencephalogram untuk emlacak aktivitas elektrik yang terjadi di otak manusia, para peneliti berkesimpulan bahwa penyegaran memori nampaknya terjadi di antara tidur lelap dan fase mimpi, sebuah bagian siklus yang dikenal sebagai REM (rapid eye movement).

“Kemampuan otak untuk menyerap informasi tidak selalu stabil,” tutur Walker. “Nampaknya, seolah-olah kapasitas otak seperti sebuah sponge. Otak bisa dipenuhi dengan pembelajaran berkelanjutan sepanjang hari.”

Jessica Payne yang merupakan seorang asisten professor pada University of Notre Dame mengklaim bahwa hasil penelitian tersebut memberikan temuan yang menambahkan sesuatu yang sangat berguna pada apa yang telah kita ketahui mengenai mengapa tidur itu penting.

“Satu pesan dari riset itu,” ungkapnya, “adalah bahwa tidur bisa menjadi sangat berharga bagi para pelajar dan orang-orang yang berjuang dengan ingatan mereka karena mengalami penuaan.” Riset lain yang juga dilangsungkan baru-baru ini mengindikasikan bahwa tidur juga bisa membantu Anda berpikir lebih kreatif, memiliki memori jangka panjang lebih baik, serta menjaga memori-memori penting untuk tetap teringat.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *