Tinggal di Jawa Timur? Sudah Pernah Mengunjungi Pantai-Pantai Ini?

Semua orang di Indonesia juga paham jika perekonomian di pulau Jawa memang bergerak lebih cepat dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia. Selain provinsi DKI Jakarta juga ada Jawa Timur yang geliatnya bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan Provinsi lainnya. Namun, tak hanya sisi perekonomian saja yang menjadi pesona Jawa Timur. Banyak sekali pesona wisata yang mungkin, bagi yang tinggal di Jawa Timur saja belum semua tempat tersebut didatangi.

fi 58

Memang mungkin Provinsi Jawa Timur memiliki penduduk yang padat. Namun jangan ragukan sisi alamnya. Sebut saja kota-kota berikut:

  • Kota dan Kabupaten Malang,
  • Kota Batu,
  • Kabupaten Probolinggo,
  • Kabupaten Pasuruan,
  • Kabupaten Banyuwangi,
  • Kabupaten Blitar,
  • Kabupaten Pacitan, dan lainnya.

Beberapa kota yang disebutkan diatas, mungkin memang sudah dikenal pesona wisatanya. Misalnya Gunung Bromo, beberapa pantai dan tentunya beberapa taman rekreasi. Namun untuk kota-kota yang lain, mungkin Anda masih tanda tanya. Ada apa disana? Dari beberapa kota diatas, memang rata-rata pesona yang ditawarkan adalah pantai. Khususnya pantai di selatan pulau Jawa.

Diantara pantai utara dan selatan, pantai selatan memang memiliki beberapa kelebihan antara lain adalah:

  1. Memiliki ombak yang lumayan besar karena berbatasan langsung dengan samudera Hindia.
  2. Pasir yang rata-rata berupa pasir putih. Hal ini berbeda dengan pantai utara karena jika di utara pantainya terbentuk karena berfungsi sebagai muara sungai-sungai di seluruh wilayah. Maka sedimennya yang biasanya berupa pasir hitam juga terbawa kesana.
  3. Banyak memiliki batu karang yang indah.
  4. Pemandangan untuk melihat sunrise maupun sunset lebih leluasa.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari pantai selatan ini, langsung saja kita daftar. Pantai mana saja yang layak untuk dikunjungi:

  • Pantai Klayar di Pacitan, terkenal akan ombak, batu karang termasuk batu suling. Dimana disini batunya berbunyi karena di sela-sela batu tersebut air mengalir dan menimbulkan suara.
  • Pantai Papuma di Jember, keindahannya merupakan perpaduan dari batu karang, ombak dan juga pasir putihnya dan juga pemandangan terbenamnya matahari.
  • Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, terkenal juga dengan Kuta-nya Jawa Timur. Karena memiliki pesona ombak yang membuat para peselancar dunia penasaran dan berusaha untuk menaklukkan ombaknya.
  • Pantai Sendang Biru di Malang. Selain terkenal dengan kekayaan alamnya, di tengah-tengahnya terdapat pulau yaitu pulau Sempu dan terkenal dengan segara anakan, atau danau di tengah-tengah pulau yang merupakan air tawar.
  • Pantai Plengkung atau Pantai G land di Banyuwangi yang juga terkenal akan ombaknya bagi para surfer.
  • Pantai Gua Cina di Malang yang terkenal dengan gua dari batu karang yang mengarah langsung ke bibir pantai.

Selain beberapa pantai diatas, masih ada lagi pantai banyu tibo di Pacitan yang terkenal karena ada air terjunnya di pinggir pantai. Pantai teluk Ijo di Banyuwangi yang terkenal akan keindahan warnanya dan beberapa pantai lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *