Tipe Kamera yang Cocok Digunakan Saat Traveling

Ketika memilih kamera untuk suatu kegiatan yang serius dan professional, pilihan yang tepat pastilah mempertimbangkan fitur full-frame, kamera pro kaliber seperti kamera DSLR.

Akan tetapi ketika Anda merencanakan sebuah liburan, traveling, atau menjelajah alam, kamera professional DSLR akan merepotkan Anda dalam perjalanan.

Untungnya, teknologi masa kini telah menciptakan kamera praktis untuk traveling yang juga memiliki kualitas gambar mumpuni yang biasa disebut sebagai Mirrorless Camera. Kamera tersebut memenuhi semua syarat yang harus dipenuhi sebuah kamera traveling, seperti:

  1. Ukuran Kecil dan Bobot Ringan; Karena ditenteng di sepanjang perjalanan,kamera traveling harus memiliki ukuran kecil dan bobot ringan.
  2. Kualitas Gambar Mumpuni; shake reduction, autofocus yang cepat, sensor yang besar dan performa tinggi dalam pengaturancahaya (ISO) adalah hal-hal dasar yang sangat diperlukan dalam sebuah kamera traveling.
  3. Pengoperasian yang Mudah; Kamera traveling harus siap menangkap momen yang ada di depan mata dengan cepat dansekejap. Maka, pengaturan yang mudah dan fitur Auto yang mumpuni mutlak ada di setiap kamera traveling.

Berdasarkan kriteria di atas, ada beberapa tipe kamera di pasaran yang dapat Anda pertimbangkan sebagai teman Anda saat traveling. Semua tipe kamera ini masuk dalam kategori Mirrorless Camera.

  • Canon Power Shot G7X

s 52

Kamera ini merupakan kamera compact yang sangat praktis dan memiliki sensor 1 inchi lebih besar dari pada kamera saku pada umumnya.

Canon Powershot G7X memiliki diafragma lensa f/1.8 yang sangat sesuai untuk memotret dalam cahaya redup (low-light photography). Kamera ini memadukan fasilitas layar sentuh LCD dan panel tombol di sekujur badan kamera untuk menciptakan akurasi pengaturanya sangat sempurna.

Hal yang membuat kamera ini menarik adalah layar LCD yang bias ditekuk hingga 180 derajat dan memungkinkan untuk mengambil gambar selfie.

Bagi Anda yang gemar traveling sembari mengabadikan indahnya alam melalui foto selfie, kamera Canon Powershot G7X ini adalah partner yang tepat untuk Anda.

  • Fuji film X-T10

s 53

Kamera ini merupakan kamera yang sangat mumpuni, terutama dalam kemampuannya mengambil gambar pemandangan alam.

Fuji film X-T10 dilengkapi dengan lubang pengintip elektronik beresolusi tinggi, kualitas gambar yang sangat tajam, badan kamera yang tahan segala cuaca, dan panel kontrol yang sangat membantu.

Kamera ini menawarkan gambar JPEG dengan warna yang sangat memuaskan baik dalam kondisi minim cahaya ataupun cahaya normal.

Fuji film X-T10 memiliki lensa 16 mega piksel X-Trans APS sensor dan sensor autofocus yang sangat cepat merespon benda bergerak. Selain itu, kamera ini sangat senyap dan hamper tidak mengeluarkan suara dalam memproses gambar.

Untuk masalah ergonomisitas,  Fuji film X-T10 memiliki bobot yang relative ringan dan sangat nyaman untuk digenggam. Tombol-tombol pengaturannya berukuran lebih besar dari pada kamera lain di kelasnya membuat semakin nyaman dalam melakukan pengaturan kamera secara manual.

Agen Poker
  • Sony A6300

s 54

Sony A6300 merupakan kamera yang sangat mumpuni terutama bagi Anda yang hobi traveling sembari mengabadikan momen melalui video atau gambar bergerak.

Kamera ini memiliki kemampuan perekaman video resolusi tinggi 4K dengan sangat optimal. Dilengkapi dengan lensa 24.2 megapiksel APS-C CMOS Sensor, Sony A6300 dapat merekam gambar hingga 11 frames per detik dengan continuous autofocus dan exposure tracking.

Sony A6300 memiliki range ISO 100 – 51200 yang memampukannya untuk mengambil gambar secara optimal bahkan dalam keadaan minim cahaya sekalipun.

Desain bodinya yang terbuat dari magnesium-alloy dan dilapisi dengan pelindung debu merupakan partner tepat bagi Anda yang menyukai petualangan di daerah ekstrem.

Satu hal lagi yang membuat kamera ini sangat istimewa adalah fitur onboard Wi-Fi with NFC. Fitur tersebut membuat Sony A6300 mampu untuk melakukan sambungan nirkabel dengan berbagai perangkat elektronik lain dengan memanfaatkan sambunganWi-Fi.

  • Nikon COOLPIX P7800

s 55

Nikon COOLPIX P7800 adalah kamera compact andalan Nikon. Kamera ini telah menggunakan lubang pengintip elektronik beresolusi tinggi.

Dibekali lensa 12.2 megapiksel BSI-CMOS sensor dan diafragma 28-200 mm, kamera ini menghasilkan kualitas foto jarak jauh yang terbaik di kelasnya. Selain itu, Nikon COOLPIX P7800 juga telah dilengkapi dengan fitur pengambilan video beresolusi Full 1080p.

Salah satu fitur yang menarik adalah fleksibilitas LCD yang dapat diputar ke berbagai arah. Hal ini sangat memudahkan Anda ketika hendak mengambil gambar di posisi-posisi yang sempit atau sulit dijangkau.

Nikon COOLPIX P7800 memiliki bobot relative lebih berat dengan dimensi yang lebih tebal bila dibandingkan dengan kamera lain di kelasnya.

Bagi Anda yang terbiasa melakukan traveling sambil mengantungi kamera di saku baju, Anda harus mempertimbangkan kembali kamera ini mengingat ukuran dan bobotnya yang terbilang bongsor.

Baca Artikel Lainnya :

4 kamera di atas adalah rekomendasi terbaik yang dapat dipertimbangkan ketika Anda akan membeli sebuah kamera sebagai teman traveling Anda.

Kamera-kamera tersebut memenuhi tiga syarat sebagai kamera traveling, yakni ukuran kecil dan bobot ringan, kualitas gambar yang mumpuni, dan mudah digunakan.Selamat memilih kamera dan bertualang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *