Tips Agar Tidak Bokek Dengan Mengatur Keuangan

Tips Agar Tidak Bokek Dengan Mengatur Keuangan – Apa anda merasa bokek secara terus menerus? Apa anda merasa pengelolaan keuangan anda buruk?

Untitled

Bokek merupakan hal yang sangat ditakutkan banyak orang. Namun, banyak orang yang selalu merasakannya setiap di akhir bulan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa anda selalu bokek, yaitu besarnya pengeluaran dari pada pemasukan, kurangnya konsistensi anda dalam mengelola keuangan dan masi banyak lagi faktor penyebabnya. Berikut beberapa tips mengatur keuangan agar anda terhindar dari bokek.

  • Portofolio keungan

Disini anda harus mengetahui berapa gaji anda, berapa tagihan listrik, air, makan, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.

  • Tabungan

Sebelum menerima gaji, hal pertama yang harus anda fikirkan adalah menabung. Tabunglah sebagian uang gaji anda sebelum anda membelanjakannya.

Misalnya, anda bisa menabungkan uang 30 persen dari gaji yang anda dapat atau bahkan 50 persen. Ini akan mempersempit keinginan anda untuk membelanjakan uang yang anda miliki.

  • Buat catatan recana pengeluaran

Setiap sebelum menerima gaji, buatlah perencanaan pengeluaran yang wajib anda penuhi. Catat dengan benar apa saja yang anda butuhkan di bulan depan. Catat pula tagihan apa saja yang wajib anda bayar.

  • Kebutuhan dan keinginan

Ketika akan membeli sebuah benda, tanya diri anda baik-baik. Apakah anda benar-benar membuuhkannya atau hanya sekedar menginginkannya. Jika menurut anda  memang benar dibutuhkan, boleh saja dibeli.

Baca Artikel Lainnya :

Namun jika hanya sekedar keinginan semata, anda harus berbesar hati untuk tidak membelinya. Disini harus benar-benar konsisten dan tegas.

  • Buat catatan pengeluaran

Setiap anda melakukan pengeluran atau telah merealisasikan pengeluran yang sudah anda rencanakan sebelum, jangan lupa untuk dicatat. Ini akan membantu anda mengatur atau menganggarkan rencana pengeluran di bulan yang akan datang. Sehingga jika ada keperluan mendadak anda masi bisa mengatasinya.

  • Jangan berhutang

Bagaimana pun kondisi ekonomi anda, janganlah sampai berhutang. Jalani saja kehidupan sesuai dengan kemampuan anda. Berhutang akan membuat pola keuangan anda menjadi memburuk. Manfaatkan uang yang anda miliki dengan baik.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *