Tips Berbisnis Kuliner

Bisnis kuliner menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja. Pasalnya bisnis ini bisa dibilang usaha yang tidak akan pernah mati. Selama manusia masih ada dan membutuhkan makanan untuk mengisi perutnya maka bisnis ini masih memiliki prospek yang sangat cerah.

Meskipun memiliki prospek yang sangat luas tetap harus diperhatikan aturan main atau hal-hal yang dapat membuat suatu usaha bisa bertahan atau tenggelam. Salah memilih langkah bisa saja membuat apa yang telah dirintis menjadi berantakan.

q 169

Perlu strategi yang jitu agar apa yang dilakukan benar-benar mencapai target yang maksimal. Berdasar pengalaman para pebisnis kuliner handal maka setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga existensi mereka.

Berikut beberapa tips yang bisa menjaga keberlangsungan bisnis kuliner :

1. Berpikir jangka panjang

Bisnis itu layaknya orang menikah sehingga setiap orang yang ada didalamnya perlu berpikir jangka panjang. Dengan berpikir jangka panjang maka segala keputusan yang diambil telah melalui pertimbangan matang untuk jangka panjang pula.

2. Tak ada pelanggan yang bahagia

Meski sebenarnya banyak pelanggan yang bahagia atas apa yang kita sajikan tapi kita tetap harus berpikir seolah tidak ada pembeli yang bahagia.

Dengan demikian kita akan berusaha untuk terus lebih baik agar para tamu bisa bahagia. Servis yang baik ini harus dimulai diberikan untuk para karyawan terlebih dahulu.

3. Optimistis

Sikap ini harus dimiliki sejak awal. Tanpa rasa optimistis bisa jadi sesuatu yang sebenarnya telah besar tidak akan nampak besar karena kita tidak yakin atas apa yang kita jalani. Rasa ini juga harus ditularkan kepada seluruh elemen terkait.

4. Ciptakan keunikan

Buatlah sesuatu yang beda dengan pelaku kuliner yang lain. Dengan demikian besar kemungkinan para pembeli akan datang ke usaha anda. Bila apa yang disediakan sama seperti yang lain maka tidak ada alasan pembeli datang ke tempat anda.

5. Lakukan lebih baik dari yang lain

Apapun keadaannya pebisnis handal dapat melakukan sesuatu lebih baik dari kebanyakan. Buat standar tinggi untuk segala sesuatunya tapi masih realistis.

6. Bisnis berkembang dari sesuatu yang sederhana

Lakukan inovasi secara berkesinambungan. Ciptakan sesuatu yang terus berbeda dan jangan berhenti pada suatu titik. Bisnis yang tidak berkembang ditandai dengan rutinitas yang membosankan.

7. Tak ada sukses yang instan

Sukses bisa diraih bila seseorang mampu melewati setiap tantangan dengan penuh kesabaran. Sesuatu yang besar itu dimulai dari yang kecil jadi jangan takut dengan apa yang terjadi.

8. Menangkan persaingan

Bisnis kuliner adalah bisnis yang paling dinamis dimana tiap rumah makan atau resto berusaha dan bersaing untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Untuk mendapat pelanggan yang banyak maka perbaiki kinerja staf yang ada di dalamnya.

9. Miliki saham dan wewenang lebih banyak

Sebisa mungkin wewenang yang dimiliki lebih banyak. Hal ini akan memudahkan dalam mengambil keputusan. Bila tidak memiliki wewenang yang cukup maka anda tidak akan berhasil karena segala kebijakan ditentukan orang lain.

10. Buang ego dan gunakan akal sehat

Buang jauh-jauh ego dan gantikan dengan akal sehat. Ego biasanya mendasarkan keputusan pada sifat sesaat. Bila anda mengambil keputusan dengan akan sehat maka akan lebih bisa dipertanggungjawabkan untuk jangka panjang.

11. Jangan terlalu cepat buka cabang

Bukalah cabang bila segala sesuatunya telah siap terutama untuk system atau aturan main. Bila terlalu cepat tanpa persiapan matang maka bisnis tidak akan terkontrol dengan baik.

12. Kenali dengan baik mitra dan rekan kerja

Mitra dan rekan kerja menjadi orang terdekat terhadap kelangsungan bisnis. Dengan mengenali masing-masing pihak dapat membuat pebisnis mudah dalam komunikasi.

Baca Artikel Lainnya :

13. Transparan dengan rekan kerja

Jangan pernah menutupi situasi atau apa yang terjadi terhadap rekan kerja. Semua harus ditanggung bersama-sama sehingga memudahkan dalam mencari solusi bersama.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *