Tips Bisnis Berjualan Beras Eceran

Beras merupakan bahan pangan yang krusial terutama bagi kita orang Indonesia. Beras menjadi bahan makanan pokok yang harus selalu ada dan jarang sekali dapat digantikan oleh makanan lain meski pada kenyataannya beberapa daerah memilih jenis makanan lain sebagai makanan pokok mereka sehari-hari.

Untitled

Orang Indonesia kerap kali memiliki pernyataan dalam kepala masing-masing bahwa ketika mereka belum makan nasi – beras yang sudah matang – artinya mereka belum makan, meski telah diberi makanan pengganti dengan gizi yang sama dengan gizi pada nasi.

Ketergantungan kita pada beras bahkan membuat negara sampai harus melakukan impor untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya karena beras merupakan bahan pangan yang sangat sulit digantikan.

Maka tak heran jika sebagian orang pada akhirnya menjadikan beras sebagai barang yang diperjual belikan dan mendapat untung dari hasil penjualan tersebut.

Nah, bagi Anda yang berminat membuka usaha untuk berjualan beras, kami sajikan beberapa tips untuk menyukseskan bisnis Anda khususnya bisnis beras. Berikut ulasan singkatnya.

  1. Hal pertama yang menjadi faktor krusial dalam kesuksesan berbisnis (apapun jenisnya) adalah lokasi Anda akan berbisnis. Sekiranya carilah tempat yang cukup strategis untuk bisa menjajakan beras dagangan Anda. Sebagai tips, pilihlah kios untuk berjualan yang letaknya berada di depan pasar. Letak kios yang berada di depan pasar ini memahami pola perilaku dari ibu-ibu yang berbelanja di pasar. Biasanya, pembeli akan mendahulukan mencari bahan pangan yang ringan di dalam pasar dan mencari bahan pangan yang cenderung berat ketika mereka sudah akan selesai berbelanja atau bahkan akan pulang.
  2. Jika lokasi kios depan pasar nampak tak memungkinkan bagi Anda, bukalah kios di rumah Anda sendiri. Hal ini akan menguntungkan bila rumah Anda berada pada lokasi yang ramai dan strategis, peluang yang cukup baik untuk membuka usaha pada lokasi yang ramai dan kerap dilewati banyak orang.
  3. Keuntungan dari berbisnis beras mungkin tidak terlalu besar. Maka dari itu, Anda harus mempercepat perputaran barang dagangan Anda ini. Tidak perlu untung yang terlalu tinggi yang penting beras Anda cepat laku dan hal tersebut terjadi secara berkelanjutan.
  4. Pilihlah pemasok beras yang termasuk dalam pemasok utama. Apabila memungkinkan, Anda berkesempatan untuk mengambil langsung dari gilingan beras. Hasilnya beras yang Anda jual akan memiliki harga yang lebih kompetitif.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah sekilas ulasan singkat mengenai tips dalam bisnis berjualan beras. Jika dilihat sekilas nampaknya tips ini tidak bisa memberikan keuntungan besar dalam jangka waktu yang singkat namun kebutuhan masyarakat akan beras yang tinggi akan cukup menjanjikan peluang keuntungan yang terus mengalir dari hasil penjualan beras. Bagaimana, Anda tertarik untuk berbisnis beras?

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *