Tips Budidaya Gurami untuk Pemula

Tips Budidaya Gurami untuk Pemula – Gurami merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai jual paling mahal dari pada harga jual dari ikan lainnya. Lihat saja contohnya ketika berada di warung atau restoran penyet maka ikan gurami memiliki harga yang lebih tinggi dari pada menu lainnya meskipun dimasak dengan cara dan bumbu yang sama. Keadaan ini menjadi sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis dari ikan gurami ini.

Untitled

Budidaya dari ikan gurami ini bisa dikatakan mudah tetapi sukar karena Anda harus mengetahui secara khusus apa yang diinginkan dan tidak diinginkan oleh ikan yang berwarna hitam ini. Gurami sendiri merupakan ikan yang memang terkenal dengan dagingnya yang lembut dan empuk. Bagi Anda yang menjadikan gurami sebagai salah satu ikan yang menguntungkan maka Anda bisa memulai usaha untuk membudidayakan gurami dengan mengikuti beberapa langkah mudah yang akan di bahas pada pembahasan yang ada di bawah ini.

1. Menyediakan tempat untuk gurami

Sebelum Anda membeli beberapa bibit gurami yang unggul maka Anda harus mempersiapkan beberapa tempat untuk kehidupan gurami yang akan Anda budidayakan. Tempat untuk perkembangbiakan gurami ini cukup fleksibel yaitu bisa di pekarangan rumah Anda atau bisa juga berada di daerah yang memiliki lahan kosong. Untuk kolamnya pun Anda bisa juga menyediakan kolam terpal sehingga akan mengurangi ongkos dari biaya produksi akan budidaya Anda. Pemasangan terpal yang akan digunakan pun juga tidak menggali tanah, melainkan memasangnya lebih tinggi dari pada tanah yang lainnya.

2. Pemijahan gurami

Ketika Anda memilih ikan gurami untuk dibudayakan maka ada baiknya Anda memilih benih ikan yang terjaga kualitasnya. Anda bisa mendatangi beberapa dinas perikanan yang terdapat di sekitar Anda untuk memberikan masukan dan juga pengetahuan mengenai bibit mana yang paling baik. Sebelum melakukan pemijahan pastikan pula bahwa terpal yang akan Anda jadikan sebagai tempat gurami dicuci dengan bersih sebab adanya kandungan bahan kimia pada zat pewarnaan dari ikan ini juga dapat membuat air dalam kolam tercemar. Masukkan sedikitnya sekitar 2 ons garam per meter persegi pada kolam terpal sebelum digunakan.

3. Penebaran benih

Dalam proses ini adaptasi antara ikan gurami dengan air merupakan faktor yang paling penting agar ikan tidak gampang stres menghadapi suhu yang berbeda antara tempatnya sebelumnya dengan kolam yang baru. Sebelum membuka plastic ada baiknya Anda masukkan gurami bersama dengan plastiknya, setelah keadaan plastic mulai mengembun maka hal ini menunjukkan bahwa air dalam plastic memiliki suhu yang sama dengan air yang ada di dalam kolam. Hal ini agar proses adaptasi antara gurami dengan air berlangsung cukup baik.

 
Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *