Tips budidaya tanaman lengkuas menggunakan polybag

Tips budidaya tanaman lengkuas menggunakan polybag – Lengkuas atau disebut juga dengn sebutan laos merupakan tumbuhan umbi-umbian yang dapat tumbuh pada dataran rendah maupun tinggi. Lengkuas sendiri dapat hidup dengan subur di Negara kita Indonesia.

1

Pada umumnya lengkuas di manfaatkan sebagai bumbu masakan sehari-hari dengan cara mememarkannya kemudian di celupkan dalam masakan. Dengan di beri lengkuas aroma masakan akan semakin sedap dan dapat menggugah selera makan. Namun lengkuas sering juga di manfaatkan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit tertentu.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman lengkuas ini namun tidak mempunyai lahan atau pekarangan rumah yang cukup, budidaya lengkuas ini dapat di lakukan dengan cara menanamnya di polybag. Jika anda kesulitan dan tidak tahu cara membudidayakan legkuas dalam polybag. Berikut adalah Tips budidaya tanaman lengkuas menggunakan polybag:

  1. Proses pertama dalam membudidayakan lengkuas adalah memilih bibit lengkuas dari tanaman lengkuas yang sudah tua dan bebas dari penyakit atau serangan hama, agar menghasikan lengkuas yang berkulitas nantinya. Pilihlah bibit dari kebun lengkuas yang ada di kebun sekitar atau bisa membeli atau meminta dari tetangga dekat.
  2. setelah bibit di dapat langkah selanjutnya adalah proses penyemaian yang dapat di lakukan di dalam peti kayu, dengan bibit lengkuas di patahkan menjadi 4 bagian dan masing-masing mempunyai 3-4 mata tunas lalu dijemur sehari. kemudian bibit di masukan dalam kayu berlapis dengan urutan bibit, abu sekam dan seterusnya.
  3. PERSIAPAN TEMPAT TANAM. Sambil menunggu bibit tumbuh. Hal ketiga yang harus di persiapkan untuk membudidayakan lengkuas pada polybag adalah tanah, pupuk, dan polybag atau bisa juga dengan pot: ambil tanah sebanyak yang di butuhkan untuk menanam, pupuk kompos dan pupuk kandang. Setelah itu campur semua bahan menjadi satu dengan perbandingan takaran (1:1:1) setelah semua tanah dan pupuk tercampur, masukan tanah campuran pupuk ke dalam polybag ukuran sedang, setelah semua polybag terisi maka langkah selanjutnya adalah penanaman.
  4. Setelah bibit lengkuas sudah di tumbuhi tunas lengkuas yang baru. Selanjutnya bibit lengkuas dapat kita tanan pada polybag yang sudah terisi tanah campuran pupuk tadi. Cara menanamnya di polybag pun cukup simple yaitu buat lubang yang kira-kira 10-15 cm lalu masukan bibit lengkuas tadi dengan posisi tunas menyumbul di atas, kemudian tutupi dengan tanah namun jangan tutupi tunas lengkuasnya. Siram dengan air secukupnya.
  5. PERAWATAN SAMPAI PANEN. Rawatlah tanaman lengkuas dengan memberikan pupuk secukupnya dan teratur tak lupa penyiraman yang teratur agar lengkuas tidak layu, karena media tanam kita adalah polybag yang notabene tanah akan cepat mongering. Idealnya tanaman lengkuas dapat di panen setelah berumur 10-11 bulan. Tergantung dari perawatan yang kita lakukan. jika kita rawat dengan teratur maka hasil panen buah lengkuas akan sangat membanggakan.

Nah itulah tips dan cara membudidayakan lengkuas pada media polybag yang dapat anda coba, kegiatan membudidayakan lengkuas akan terasa sangat mengasikkan untuk mengisi waktu luang kita, dan hasil panennya pun dapat kita konsumsi sendiri, jadi tidak usah repot-repot membeli lengkuas  lagi dari pasar.

selain itu kita juga dapat mengetahui gambaran bagaimana membudidayakan tanaman lengkuas yang di sebut juga dengan tanaman obat yang kaya akan manfaat ini. semoga ulasan saya ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Tips budidaya tanaman lengkuas menggunakan polybag

  1. Josephine

    Hi…apakah lengkuas bisa ditanam di daerah dingin/eropa ?bibit yang saya miliki sudah bertunas Dan saya ingin menempatkannya di dalam rumah.mohon bantuannya,karena sangat susah mendapatkan lengkuas di luar negri.terima kasih

    Reply
    1. Mas Joko Post author

      Untuk tanaman lengkuas bisa hidup dengan optimal pada suku 25 – 29 Drajat C, apabila kurang atau lebih dari itu di kemmungkinnkan masih bisa tumbuh namun tidak optimal.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *