Tips Cerdas Mengatasi Keuangan Yang Menipis Setelah Lebaran

Kondisi keuangan menipis ( atau dikenal dengan istilah kanker alias kantong kering ) memang kerap dialami oleh banyak orang saat pasca Lebaran.

Hal ini terjadi karena banyaknya keperluan sebelum dan sesudah Lebaran yang menyebabkan pengeluaran membengkak sementara tidak ada pemasukan karena pada bulan suci Ramadhan ini biasanya semua kantor tutup termasuk pelaku bisnis UKM.

Untitled

Agar anda dan keluarga bisa bertahan selama pasca Lebaran, anda harus pandai mengatur keuangan seperti saran dari perencana keuangan ternama, Lisa Soemarto.

Ibu Lisa Soemarti menjelaskan, “ biaya untuk Lebaran sebaiknya dimasukkan ke dalam anggaran tahunan. Tidak lupa menyertakan anggaran bulan puasa ke dalam dana menyambut hari raya.

Kegiatan saat Ramadhan penting diperhitungkan karena umumnya pengeluaran ketika bulan puasa lebih banyak dari biasanya “ – bisnisukm.com (2016).

Nah, erat kaitannya dengan penjelasan tersebut di atas, berikut ini kami membagikan beberapa tips jitu tentang mengatasi kondisi keuangan menipis setelah Lebaran.

Beberapa tips berikut ini wajib anda perhatikan lebih serius untuk media pendorong agar kondisi keuangan anda di rumah mampu stabil :

Semangat Dalam Bekerja dan Berbisnis

Rasa malas merupakan kendala utama dalam memulihkan keadaan keuangan anda yang mulai menipis setelah liburan panjang usai, dan jika dibiarkan begitu saja maka kemungkinan buruk akan menimpa kondisi keuangan anda.

Jika ingin memperbaikinya, maka anda patut memikirkan hal berikut ini : buang rasa malas dengan segera dan bersemangatlah dalam mencari rezeki.

Apabila anda adalah seorang pegawai negeri maka semangatlah ketika anda masuk pada hari pertama kerja setelah melalui cuti panjang.

Jika anda adalah pengelola bisnis UKM maka kejar target anda dan tetaplah menjadi karyawan yang berkualitas. Mulailah bersemangat dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis UKM anda.

Dapatkan Inspirasi Dari Lebaran Anda

Momen seperti Lebaran merupakan keadaan dimana anda diharapkan mampu membangkitkan inspirasi terutama ketika berkumpul dengan handai taulan.

Karena saat Lebaran menjelang atau ketika hari H, anda akan berjumpa dengan sanak keluarga, rekan, sahabat dan lain sebagainya.

Tak disengaja, di tengah kesibukan anda bersenang – senang dengan mereka, anda bisa mendapatkan inspirasi usaha dari acara silaturahmi tersebut.

Atau saat anda sedang berlibur bersama keluarga ke suatu kawasan wisata di luar pulau, anda dapat menemukan inspirasi. Karena inspirasi merupakan ide jitu yang kedatangannya tak terduga yaitu bisa dari tempat atau keadaan yang tak menentu.

Minimalisir Pengeluaran, Maksimalkan Pendapatan

Yang perlu anda lakukan saat pasca Lebaran adalah meminimalisir pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan.

Jika anda mampu mengeluarkan dana dalam jumlah yang kecil namun diimbangi dengan pendapatan yang besar, maka kondisi finansial anda akan bisa kembali normal bahkan meningkat.

Baca Artikel Lainnya :

Seperti kata pepatah, hemat pangkal kaya, merupakan kata – kata yang tepat untuk meminimalisir pengeluaran dan bisa dengan cepat memaksimalkan pendapatan.

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan ketika merasa kondisi keuangan anda mulai menipis pasca Lebaran. Cukup sekian saran dari kami, semoga bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *