Tips Ciptakan Ruang Kerja Yang Ramah

Dewasa ini kondisi lingkungan hidup di sekitar kita kian memprihatinkan. Polusi dimana-mana, kerusakan lingkungan semakin merajalela. Diperlukan upaya dan perhatian dari semua pihak untuk menyelamatkan bumi tanpa membuat kerusakan lingkungan makin parah.

 Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang asri dan ramah bagi kehidupan kita di masa kini dan masa mendatang. Bisa dimulai dari diri sendiri dan di lingkungan sekitar kita.

s 183

Sebagian dari kita tentu banyak menghabiskan waktu ditempat kerja, dan kita bisa ikut menyelamatkan lingkungan dimulai dari tempat kerja yang sering kita masuki.

 Ada banyak tips yang bisa dilakukan di tempat kerja dalam menciptakan ruang kerja yang ramah. Beberapa diantara adalah sebagai berikut :

  1. Menghemat kertas

Kertas dibuat dari bubur kayu yang diolah, dan kayu didapat dari pohon. Menghemat kertas berarti menghemat pemakaian kayu sehingga pohon yang ditebang juga makin berkurang.

Kita bisa menghemat kertas di kantor dengan cara memakai potongan-potongan kertas  yang tidak terpakai untuk note. Atau jika untuk keperluan internal, bisa menggunakan kertas bekas untuk amplop, fotokopi, selebaran, pengumuman dan sebagainya.

Jika memungkinkan bisa menggunakan email atau pesan pribadi di ponsel untuk menyebarkan pengumuman dan undangan. Hal itu tentu lebih bermanfaat dan cepat dibandingkan dengan mengcopi kertas dan membagikan satu-satu.

  1. Matikan listrik

Mematikan listrik di tempat-tempat yang tidak digunakan bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan ruang kerja yang ramah lingkungan. Apabila ruang kerja memiliki jendela yang lumayan, alangkah baiknya jika memanfaatkannya  untuk sarana penerangan.

Jika keluar dari ruang kantor untuk jangka waktu yang agak lama, sebaiknya komputer atau alat-alat listrik lainnya yang tidak digunakan dimatikan. Hal itu selain untuk menghemat penggunaan listrik juga meminimalisir terjadinya konsleting dan kebakaran.

  1. Menaruh Tanaman Dalam Ruangan

Tanaman adalah salah satu media yang ampuh untuk perputaran sirkulasi udara alami. Menaruh tanaman atau bunga di dalam pot di sekitar tempat kerja bisa memberikan efek segar dan juga menambah oksigen dalam ruangan.

  1. Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan

Jika tempat kerja lumayan dekat penggunaan sepeda atau jalan kaki bisa menjadi salah satu trik menciptakan ruang kerja yang ramah. Disamping baik untuk lingkungan sekitar juga baik untuk kesehatan badan.

Baca Artikel Lainnya :

Namun bila tempat kerja lumayan jauh dan harus menggunakan kendaraaan pribadi, maka pilihlah alat transportasi atau kendaraan yang ramah lingkungan, mimim polusi dan hemat bahan bakar.

Dengan gaya hidup yang ramah lingkungan yang dimulai dari tempat kerja, siapapun bisa memberikan dampak yang baik bagi lingkungannya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *