Tips Dalam Memulai dan Membuka Usaha Batu Akik

Bisnis batu perhiasan terutama batu akik saat ini menjadi tren di masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? karena menggunakan batu mulia atau yang kita sebut jugabatu akik, saat ini sudah menjadi gaya hidup di masyarakat.

Untuk harga sebuah batu akik yang kecil itu, bisa mencapai jutaan bahkan sampai dengan ratusan juta rupiah.Bisnis batu akik dianggap paling menjanjikan karena itu, masyarakat sangat berminat untuk memulai bisnis batu akik.

p 25

Jika anda berminat untuk membuka usaha batu akik, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha tersebut:

1. Belajar Tentang Batu Akik

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha batu akik, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu dengan seksama batu akik yang akan Anda jual. Hal ini sangat krusial karena begitu banyaknya jenis dari batu mulia tersebut.

Setiap jenis pun memiliki keunikannya sendiri dan manfaatnya sendiri. Jadi, pelajarilah jenis batu, karakter batu, dan asal batu, karena batu akik dari setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri.

2. Pemasaran Online Atau Offline?

Pasar batu akik terbagi menjadi dua, yaitu pemasaran tradisional secara langsung kepada konsumen (melalui toko/kios) atau memasarkannya secara online melalui internet dapat berupa website, blog, media sosial, forum jual beli dan sebagainya.

Terlebih dahulu Anda harus menentukan target pasar Anda.Apakah Anda ingin usaha dalam lingkup lokal, nasional, atau bahkan internasional.

Jika Anda juga kesulitan mencari tempat untuk membuka toko, solusi pemasaran online tepat untuk Anda dan keuntungan pemasaran online juga jelas lebih praktis daripada pemasaran konvensional yang memerlukan lebih banyak perhitungan seperti tambahan pengeluaran untuk sewa/ membeli tempat serta gaji karyawan.

3. Perhatikan Modal Usaha

  Apakah Anda memiliki modal awal yang cukup ataukah harus meminjam? Gunakan dana yang save, dalam kata lain jika terjadi sesuatu terhadap bisnis Anda tidak akan berpengaruh terhadap keuangan Anda.

Bisnis batu akik ini termasuk bisnis musiman yang bukan berdasarkan pada kebutuhan masyarakat. Jadi, di sini Anda harus tetap memperhitungkan dengan seksama segala kemungkinan yang dapat terjadi kedepannya.

4. Survey Lokasi Produk

Survey lokasi mana saja yang Anda bisa mendapatkan produk yang Anda cari. Tentunya dengan kualitas yang sudah Anda tetapkan. Jika baru memulai, Anda bisa mulai di daerah yang Anda tempati.

Batu Akik dapat ditemukan dimana saja namun, kualitas yang tersedia belum tentu sesuai dengan harapan Anda. Anda harus tau dimana Anda bisa mendapatkan supply barang di toko Anda.

5. Survey Harga

Anda harus mengetahui harga terbaru di pasaran. Bisnis batu akik cenderung mengalami perubahan harga pasar yang dinamis. Jadi semakin sering Anda melakukan survey harga akan membantu perkembangan bisnis batu akik Anda.

Survey harga dapat dilakukan melewati online yaitu memasuki beberapa forum dan berbagai media sosial maupun toko online yang berkaitan dengan penjualan batu akik.

 6. Inovasi Bisnis Batu Akik

Bisnis batu akik bersifat monoton, agar konsumen tidak bosan,lakukanlah berbagai macam inovasi untuk mempertahankan minat konsumen.Inovasi juga dapat meningkatkan nilai dari batu akik itu sendiri.

Baca Artikel Lainnya :

Inovasi yang Anda lakukan dapat menjadi ciri khas toko Anda yang tidak dimiliki oleh pebisnis lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha batu akik. Semoga bisa Anda gunakan sebagai panduan awal langkah Anda yang ingin memulai bisnis ini.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *