Tips dan Cara Sukses Menggemukan Sapi Potong

Tips dan Cara Sukses Menggemukan Sapi Potong – Sapi adalah salah satu hewan ternak yang merupakan anggota dari suku Bovidae. Sapi dapat dimanfaatkan susu, daging, kulit sebagai sumber pangan manusia dan kulitnya juga dapat digunakan untuk bahan baku dari pembuatan tas, baju atau sepatu dari kulit.

Untitled

Di beberapa tempat, sapi juga dipergunakan sebagai salah satu penarik alat transportasi dan membajak sawah. Sapi yang diternak biasanya dibagi menjadi sapi perah dan sapi potong.

Pengertian sapi potong

Sapi potong adalah sapi yang tujuan pemeliharaannya adalah untuk diambil dagingnya. Kebutuhan daging yang tinggi di masyarakat membuat beberapa orang memikirkan cara untuk menggemukkan sapi agar daging yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan daging dari sapi biasa.

Beberapa orang melakukannya dengan cara yang tidak baik dan sebagian melakukannya dengan cara yang alami. Cara yang alami yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pakan yang sesuai dengan kebutuhan ternak dan dengan memberikan vitamin untuk sapi.

Syarat dan jenis pakan

Pakan yang baik yang cocok untuk menggemukkan sapi potong adalah pakan yang disukai oleh ternak. Pakan sebaiknya mengandung gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh sapi yaitu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Pakan yang baik adalah pakan yang bersih dan tidak tercemar kotoran dan bibit penyakit serta tidak rusak atau busuk.

Saat mencari pakan, hindari mencari pada pagi hari karena rentan akan telur cacing dan karena pakan tersebut berembun. Jika berembun, sebaiknya pakan dikeringkan terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kejang perut atau kembung pada ternak.

Jenis dari pakan sapi potong diantaranya yaitu :

  • Pakan hijau yang berupa rumput, leguminosa, limbah agroindustri dan pertanian misalnya jerami. Yang termasuk leguminosa diantaranya adalah dari jenis kacang-kacangan yaitu siratro, lamtoro, gamal, centro. Daun lamtoro yang diberikan sebanyak 20% dari pakan hijau.
  • Pakan penguat atau konsentrat misalnya dedak padi. Salah satu campuran yang dapat menggemukkan sapi yaitu campuran dari 70% dedak dan 30% bungkil kelapa ditambahkan 0,5% tepung tulang dan 1% garam dapur.

Pemberian pakan

Pakan yang diberikan untuk penggemukan sapi dapat diatur dengan perbandingan 10-12% pakan hijau dan 1-2% pakan konsentrat dari bobot badan sapi. Waktu pemberian pakan hijau sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu pada pukul 08.00, 12.00 dan 17.00.

Pakan hijau sebaiknya dipotong agar memudahkan sapi untuk memakannya. Pemberian pakan konsentrat yaitu pada pagi sebelum diberikan pakan hijau. Saat pemberian, sebaiknya diberi sedikit pakan hijau sebelum pakan konsentrat. Pakan hijau tersebut berfungsi untuk merangsang air liur agar lambung sapi tidak asam. Tidak hanya pakan, kebutuhan air minum harus tersedia. Per harinya, dibutuhkan minimal 20-40 liter untuk 1 ekor sapi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Tips dan Cara Sukses Menggemukan Sapi Potong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *