Tips dan Strategi Sebelum membuka Peluang Usaha Jagung Bakar

Jagung merupakan salah satu jenis makanan favorit bagi banyak orang terutama kalangan masyarakat menengah ke bawah karena buah yang satu ini memiliki cita rasa lezat dan gurih dengan harga yang sangat terjangkau.

Jagung bisa dikonsumsi dengan cara segar, direbus maupun dibakar dan diolah menjadi beragam masakan lainnya.

Untitled

Tak heran sajian dari jagung memiliki banyak penggemar sehingga diminati oleh pelaku bisnis usaha kecil seperti membuka usaha jagung bakar yang dengan mudah bisa dijalankan oleh siapapun.

Pada sejumlah tempat atau sudut kota yang strategis merupakan tempat berjualan jagung bakar, dimana mereka biasa mangkal di sekitar taman, pasar, pinggir jalan raya, mall besar dan tempat keramaian lain sebagainya.

Namun seperti diketahui bahwa membikin jagung bakar biasanya memakai arang yang menyebabkan mudah kotor dan berasap, sekarang sudah bisa menggunakan mesin pemanggang sebagai pengganti arang.

Dengan adanya mesin pemanggang ini cocok sekali digunakan bagi anda kaula muda yang berniat membuka usaha jagung bakar di dalam ruangan misalnya pasar, mall dan lain – lain.

Apabila anda serius hendak mengambil peluang bisnis jagung bakar, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan serius, antara lain :

1). Pembuatan jagung bakar

Untuk memulai usaha jualan jagung bakar, langkah awal yang mesti anda kuasai adalah tehnik pembuatan jagung bakar yang gurih, sehingga dapat mempengaruhi konsumen menjadi pelanggan setia.

Pembuatan jagung bakar adalah terlebih dahulu siapkan bahan – bahannya yaitu jagung manis, arang apabila anda tidak memakai mesin pemanggang, dan mentega.

Lalu raciklah bumbu yang perlu disiapkan adalah bawang putih, cabai merah, susu kental manis, gula merah, keju, saus cabai, penyedap rasa dan garam.

Cara pembuatan jangung bakar berikut ini : haluskan bahan bumbu lalu bersihkan jagung manis dan tusuk dari bagian bawah memakai tusuk sate. Kemudian lumuri jagung dengan campuran bumbu tersebut.

Setelah itu panggang setengah matang, olesi lagi bumbu hingga merata, panggang sekali lagi sampai matang.

2). Pemilihan lokasi

Lokasi menjadi faktor terpenting yang sangat menentukan kesuksesan bisnis anda berjualan jagung bakar.

Pilihlah lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau banyak orang serta selalu ramai dilewati orang banyak terutama para pejalan kaki, depan gedung sekolah dasar, pasar senggol, dll.

3). Melakukan inovasi rasa

Salah satu cara paling jitu agar orang tertarik membeli jagung bakar kreasi anda sehingga bisa membedakan usaha anda dengan yang lainnya adalah anda harus menghadirkan jagung bakar dengan cita rasa beda dan terbaru misalnya rasa keju, rasa buah, vanili, coklat dan rasa pedas manis/pedas asin/pedas asli atau lainnya.

4). Memberi nama

Memberi nama terhadap usaha jagung bakar anda dengan nama – nama yang unik seperti jagung bakar aneka rasa, jagung bakar Nusantara, jagung bakar 99, dan lain sebagainya yang membuat calon konsumen penasaran ingin mengetahuinya.

5). Risiko yang kemungkinan akan ditanggung

Risiko yang dihadapi oleh pengusaha jagung bakar antara lain, kualitas jagung mentah yang diperoleh sangat buruk meskipun dinilai dengan harga murah.

Jagung mentah yang didapat di pasar bukan jagung jenis bonanza yang manis, tetapi jagung yang rasanya biasa sehingga berasa kurang mantap dan hal ini tidak memuaskan konsumen. Akibatnya adalah konsumen enggan kembali untuk membeli.

Ketidakdatangan konsumen lama akan mengakibatkan penjualan atau pendapatan menurun sehingga akan menimbulkan kemungkinan kerugian.

Risiko lain, tidak adanya konsumen yang membeli jagung bakar andalan anda karena mereka tidak tahu ada penjual jagung bakar enak di sekitarnya karena lokasi penjualan tersembunyi.

Maka dari itu, informasi penjualan jagung bakar sangat diperlukan untuk dilakukan oleh penjual. Tempat yang strategis adalah pilihan terpenting yang harus dlakukan oleh penjual sebelum melakukan bisnis tersebut agar mudah dilihat oleh konsumen baru.

Baca Artikel Lainnya :

Risiko terakhir adalah cara pelayanan. Penjual jagung bakar kurang ramah dan kurang bersih dalam melayani konsumen.

Demikianlah saran yang patut anda cermati dalam menekuni peluang bisnis jagung bakar. Semoga artikel ini berguna bagi para pembaca yang sedang mencari ide awal untuk melakukan bisnis UKM.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *