Tips dan Trik agar Terhindar dari Sakit Kepala setelah Berlari

Mungkin Anda pernah merasakan sakit kepala atau pusing sesaat setelah melakukan olahraga lari. Mungkin, Anda hanya merasakan pusing sedikit atau bahkan bias sampai merasa ingin pingsan.

Tak peduli seberapa tingkat keparahannya, sakit kepala atau pusing sehabis melakukan olahraga lari merupakan indikasi yang perlu mendapat perhatian.

s 104

Di bawah ini ada beberapa ulasan tentang penyebab terjadinya sakit kepala sehabis berlari dan antisipasinya yang sebaiknya Anda tahu.

  • Penuhi Cairan Tubuh;

Tidak terpenuhinya cairan yang cukup bagi tubuh dapat memicu munculnya gejala yang tidak mengenakkan bagi tubuh, termasuk sakit kepala.

Hindari dehidrasi dengan minum air mineral secara teratur. Anda juga dapat menambahkan asupan minuman yang mengandung isotonic sebagai pemulih dehidrasi yang lebih cepat.

  • Kenakan Pakain Olahraga yang Sesuai;

Sakit kepala sehabis berlari juga dapat disebabkan oleh cuaca dan temperature panas saat Anda berlari.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan pakaian yang tepat saat berlari dalam cuaca dan temperature panas. Pilih pakaian yang memiliki ventilasi bagus dan menyerap keringat dengan optimal.

  • Cukupi Asupan Nutrisi sebelum Berlari;

Kurangnya gula dalam darah juga dapat menyebabkan pusing saat dan sehabis berlari. Makan yang cukup dan seimbang sebelum melakukan olahraga lari adalah siasat yang tepat untuk menjaga kadar  gula darah Anda tetap stabil saat berlari.

Namun, beri waktu dan jeda yang cukup sehabis makan bagi system pencernaan Anda mencerna makanan sebelum Anda memulai berlari.

  • Berbaring dengan Kaki Ditopang Tembok atau Pagar ke Atas setelah Berlari;

Kegiatan olahraga lari membuat aliran darah meningkat ke otot kaki secara signifikan. Lalu, setelah Anda berhenti, butuh waktu bagi darah untuk melakukan penyesuaian kembali menuju otak.

Karena alas an inilah otak kekurangan suplai darah dan Anda merasakan pusing sehanis berlari. Siasat yang dapat dilakukan untuk mempercepat suplai darah kembali ke otak Adalah berbaring telentang dengan kaki tertopang ke atas.

  • Konsultasikan ke Dokter;

Terkadang pusing dan sakit kepala sehabis berlari dapat merupakan indikasi penyakit yang lebih serius, sperti Asma Induk si atau gangguan detak jantung (arrhy thmia). Maka, segera temui dokter dan konsultasikan hal tersebut sebelum berlanjut  menjadi hal yang lebih parah di kemudian hari.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa tips dantrik yang dapat dilakukan agar terhindar dari sakit kepala sehabis melakukan olahraga lari. Ingat selalu, jangan paksakan diri Anda untuk terus berlari saat mendapati sakit kepala di tengah-tengah perjalanan. Selamat  berlari!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *