Tips dan trik budidaya Kunyit dalam polybag

Kunyit merupakan tanaman akar-akaran yang di sebut juga kunir atau janar. Kunyit termasuk dalam golongan tanaman jahe-jahean seperti laos, jahe ,kencur dan lainnya. Ciri dari tanaman  kunyit adalah mempunyai warna yang kuning pada buahnya dan mempunyai daun lebar berwarna kunung kehijauan.

1

Kunyit sendiri sangat banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari, contohnya untuk bumbu masak dapur, pewarna alami, hingga di gunakan sebagai campuran dan racikan obat herbal yang berkhasiat dalam menyembuhkan bebagai  penyakit tertentu, walaupun Nampak sepele sebenarnya kunyit mempunyai nilai ekonomis yang lumayan dan mengingat betapa pentingnya manfaat kunyit, maka tanaman ini layak untuk di budidayakan, membudidayakan kunyit tidak harus mempunyai lahan yang luas, kita juga dapat menanamnya di polybag atau pot. Jika  anda berminat untuk membudidayakan  tanaman kunyit, berikut adalah tips dan trik budidaya kunyit dalam polybag atau pot:

1. Pembibitan (penyemaian rimpang kunyit)

Pembibitan kunyit dapat dilakukan dengan mengambil rimpang kunyit yang sudah tua, yaitu sekitar  kurang lebih 8 bulan, sebab rimpang kunyit yang semakin tua akan menghasilkan tunas yangbibit yang sangat bagus.

Langkah selanjutnya adalah proses penyemaian bibir kunyit dengan cara meletakan rimpang kunyit pada tanah yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung, taburi rimpang kunyit tadi dengan tanah, kemudian siramlah tiap sore agar rimpang kunyit tadi dapat menumbuhkan bibit tunas yang merata dan bagus. Jika rimpang kunyit tadi sudah tumbuh sekitar 10cm, maka ambilah dan potong-potong tiap satu tunas untuk satu polybag atau pot.

2. Pengolahan tanah.

Pengolahan tanah  dapat menggunakan campuran tanah gembur, kompos, pupuk organic dan pupuk kimia secukupnya, untuk takaran dosisnya lebih baik, kompos dan pupuk organiknya di banyakin, campur semua bahan pengolahan tanah tadi menjadi satu, aduk sampai rata, kemudian isikan tanah campuran pupuk tadi pada tiap-tiap pot atau polybag.

Ukuran pot atau polybag yang ideal untuk tanaman kunyit adalah berdiameter 20cm dan tingginya 40 cm, isikan tanah campuran tadi setinggi 30 cm.

3. Penanaman.

Ambil bibit tunas kunyit yang sudah di siapkan tadi, kemudian tanam satu persatu pada polybag atau pot dengan cara melubagi sedikit tanah polybag  atau pot lalu taruh bibit tunas dalam lubang dan tutup lagi dengan tanah. Kemudian siram dengan air secukupnya.

4. Pemupukan.

Pupuk yang dapat di gunakan adalah pupuk kompos dan organic , agar hasil kunyit lebih alami tanpa pupuk kimia, dapat di lakukan sebulan sekali, dengan takaran perbandingan =  tanah, pupuk organic, pupuk kompos (1:1:1).

5. Penyiraman.

Penyiraman dapat dilakukan setiap 2 hari atau 3 hari sekali, pada sore hari agar tanah tetap lembbab setelah terkena sinar matahari. Namun yang harus di perhatikan adalah jangan terlalu banyak meyiram air karena dapat mengakibatkan rimpang kunyit menjadi busuk.

6. Panen.

Masa panen kunyit paling bagus adalah saat tanaman sudah berumur  8 bulan, agar rimpang kunyit tidak gampang kusut , beratnya tetap bagus, tetap segar  walaupun di simpan untuk penjualan yang masih lama.

Nah itulah tips dan trik membudidayakan kunyit pada polybag, semoga dapat  mengispirasi dan berguna untuk anda semuanya, tidak ada salahnya kan mencoba berkebun sendiri walaupun tidak mempunyai lahan , namun tetap bisa di lakukan dengan cara polybag atau pot. Selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *