Tips Dan Trik Budidaya Tanaman Bunga Kertas

Tips Dan Trik Budidaya Tanaman Bunga Kertas – Bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak kita jumpai di wilayah tropis seperti Indonesia. Bunga kertas sendiri terbilang cukup populer di Indonesia, sering digunakan sebagai aksen penghias taman.

Untitled

Tanaman yang satu ini dapat hidup dan tumbuh subur di tempat-tempat yang lembab dan memperoleh paparan sinar matahari secara cukup. Salah satu daya tarik dari bunga ini adalah karena corak warnanya yang sangat bervariasi mulai dari merah, putih, kuning, sampai dengan ungu.

Bunga ini dinamai bunga kertas karena memang memiliki kelopak dengan tekstur yang mirip kertas. Di beberapa daerah banyak orang yang menyebut bunga kertas dengan nama bunga zinnia. Bunga jenis ini merupakan salah satu bunga yang bisa dibilang mudah untuk dibudidayakan.

Ya, pasalnya bunga kertas dapat hidup baik di tempat atau lahan yang luas seperti kebun maupun lahan yang sempit seperti pot. Tak heran banyak petani bunga yang mulai melirik jenis tanaman yang satu ini untuk dibudidayakan.

Profit budidaya bunga kertas ini juga tergolong lumayang tinggi, tak kalah dengan jenis-jenis bunga lain seperti mawar dan bunga melati. Namun sebelum memulai budidaya, anda harus memperhatikan beberapa hal mulai dari karakteristik bunga kertas sampai dengan proses budidayanya.

  1. Pembenihan

Yang pertaman kali harus dilakukan untuk memulai budidaya bunga kertas adalah mempersiapkan benihnya. Benih bunga kertas yang baik bisa didapat dari indukan yang memiliki kualitas yang baik pula. Sebaiknya pilih indukan yang sudah tua kemudian potong bunganya dan jemur ke tempat yang panas. Selanjutnya pisahkan biji dari bunga untuk dijadikan benih.

Setelah biji benar-benar kering sempurna langsung bisa masuk ke tahap penyemaian. Penyemaian dilakukan melalui media yang terbuat dari campuran tanah, kompos dan pasir. Semai benih pada media selama 3 sampai 7 hari sampai benih tumbuh dan memiliki daun.

  1. Penanaman

Setelah benih disemai dan tumbuh menjadi bibit bunga kertas, bisa dipindah ke media tanam yang lebih luas. Bisa digunakan media tanam individu seperti pot, atau bisa juga langsung ditanam ke pekarangan.

Yang perlu diperhatikan adalah pada saat pemindahan bibit. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak akar yang menempel pada bibit, karena akan merusak dan mengganggu pertumbuhan bunga. Media tanam bunga kertas bisa dibuat dari campuran tanah, pupuk, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1 banding 1 banding 1, alias sama rata.

  1. Perawatan

Setelah selesai ditanam, yang selanjutnya harus dilakukan adalah perawatan. Sama seperti tanaman lain, bunga kertas juga memerlukan asupan air yang cukup. Oleh itu lakukan penyiraman secara rutin setiap hari saat pagi dan sore hari. Beri pupuk setiap 2 minggu sekali, dan jangan lupa potong tangkai yang mati dan mengganggu.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *