Tips dan Trik Jitu Kendalikan Hama Tanaman

Tips dan Trik Jitu Kendalikan Hama TanamanHama pada tanaman mungkin sering sekali Kita temukan. Bagi para petani atau tukang kebun, tentu hama ini ialah musuh bebuyutan mereka, selain sulit di tangani biasanya aka nada korban bila hama tersebut bisa di basmi, yaitu tanaman akan mati. Lantas bagaimana trik mengendalikan hama-hama ini dengan benar?

Untitled

Mengendalikan secara cocok tanam

Pengendalian hama dengan bercocok tanam ini ialah pengendalian dengan cara menciptakan kondisi ekosistem yang tidak sesuai dengan perkembangbiakan hama tanaman, dengan cara ini Kita dapat mengurangi meningkatnya populasi hama.

Namun pengendalian ini harus di lakukan jauh-jauh hari sebelum hama tersebut muncul. Teknik pengendalian hama ini seperti sanitasi, pengairan, pengolahan tanah, penanaman yang dilakukan serentak, pergiliran tanaman, aturan jarak tanaman, tumpang sari, pemupukan, menanam tanaman perangkap.

Pengendalian fisik serta mekanik

Pengendalian ini ialah sebuah usaha untuk mengubah ataupun menggunakan lingkungan fisik sehingga mampu mematikan serta menurunkan populasi hama yang berguna untuk mematikan hama. Tindakannya antara lain:

  • Membuat hawa panas, hawa panas ini bertujuan agar hama merasa tidak nyaman, namun hal ini terkendala dengan keberhasilannya yang harus di tempat yang tertutup, tempat tertutup ini seperti gudang yang memiliki hawa yang panas,
  • Menggunakan lampu sebagai perangkap, alat ini digunakan untuk memonitoring keadaan serangga, namun juga dapat di gunakan untuk mengurangi populasinya,
  • Barrier atau penghalang, alat ini di gunakan untuk membatasi pergerakan yang dilakukan oleh hama, kegiatannya berupa peninggian pematang, selokan di sekitar tanaman, atau pembungkusan buah. Contohnya para petani apel yang sering membungkus apelnya agar tidak dimakan oleh hama.

Ada fisik, ada pula mekanik. Pengendalian ini berfungsi agar hama dapat di tangani, baik dengan tangan ataupun dengan bantuan berbagai alat. Berbagai contoh pengendalian yang dilakukan dengan cara mekanik ialah:

  • Memasang orang-orangan sawah atau berbagai bunyi-bunyian, yang di gunakan untuk mengusir burung,
  • Memasang alat perangkap, alat perangkap ini bisa berupa lem yang di pasang di sekitar area,
  • Berburu pada saat malam hari, biasanya cara ini di gunakan di desa-desa yang masih mengandalkan alat tradisional.

Pengendalian biologi

Pengendalian ini dilakukan dengan cara memanfaatkan musuh sebagai penurun populasi hama. Pengendalian ini tidak menggunakan campur tangan Kita sebagai manusia, namun murni di lakukan oleh alam. Contohnya ialah parasite. Parasite ini memiliki kelangsungan hidup yang baik, populasinya dapat bertahan walaupun populasinya rendah.

Contoh lain seperti predator dan patogen. Bila predator, mereka dapat melindungi tanaman dikarenakan mereka memangsa serangga yang akan merusak tanaman. Bila patogen, ia adalah penyakit yang akan menyerang serangga perusak tanaman. Penyakit yang di sebarkan patogen ini disebabkan oleh virus, bakteri, protozoa, nematoda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *