Tips dan Trik membuka Peluang Usaha Rumah Makan Padang

Rumah makan ( RM ) Padang atau lebih populer dengan nama warung Padang / restoran Padang adalah suatu bisnis usaha kecil berupa warung makan / rumah makan / restoran yang khusus menjual atau menghidangkan beragam kuliner atau masakan khas Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat.

Untitled

Rumah makan ini cukup terkenal di Indonesia hingga mancanegara. dan aneka sajian menu yang ditawarkan rata – rata disukai oleh berbagai kalangan serta bermacam etnis dan bangsa karena masakan / makanannya bercita rasa lezat serta dapat disesuaikan dengan lidah atau selera masyarakat dimana rumah makan tersebut berlokasi.

Ciri khas sajian Padang asli adalah berasa pedas, namun jika anda membeli di luar Padang, rasanya lebih lembut.

Bisnis rumah makan Padang saat ini merupakan salah satu peluang usaha yang dengan mudah dijalankan oleh ibu – ibu rumah tangga.

Namun anda jangan anggap enteng peluang bisnis ini, harus mengetahui tips jitu ketika membuka usaha rumah makan Padang pada awal anda berniat menekuni usaha kecil mandiri, bisa dimulai dengan modal kecil, tapi jangan khawatir karena dalam sebulan akan balik modal.

5 hal di bawah ini dapat anda pelajari sebagai langkah awal membuka usaha rumah makan Padang :

1). Tentukan terlebih dahulu menu masakan. Menu masakan merupakan modal paling penting dan harus mencerminkan keunikan dan keunggulan dari warung makan Padang yang akan anda buka.

Misalnya, anda bisa mencontoh rumah makan Jawa dengan menawarkan menu nasi rames beserta ragam pilihan lauk – pauknya atau hanya menawarkan satu – dua menu yang khusus seperti warung makan Bandung yang menyajikan menu soto ayam atau masakan tradisional Bandung lainnya. Sebaiknya, cermati dan pilihlah menu yang benar – benar anda kuasai.

2). Manfaatkan lahan rumah ( teras depan, untuk anda yang kebetulan mempunyai rumah di pingir jalan raya ) untuk memulai tempat usaha. Teras atau garasi rumah pun dapat anda sulap menjadi tempat usaha rumah makan Padang.

Siapkan etalase kecil untuk memajang menu makanan andalan anda dan tambahkan juga beberapa meja dan kursi lainnya untuk para pelanggan.

3). Siapkan perlengkapan dan peralatan penunjang. Agar bisa menghemat biaya, anda dapat memanfaatkan peralatan masak seadanya di dapur rumah anda, namun semakin lengkap menu yang akan anda sajikan, anda perlu menyiapkan tambahan peralatan lain seperti etalase, meja, kursi, dan persediaan peralatan makan ( seperti piring, gelas, sendok, garpu, tempat tisu, dan tempat cuci tangan).

4). Persiapan bahan baku. Bahan baku bisa anda peroleh dengan bekerja sama dengan beberapa supplier sayuran dan sembako atau langsung belanja ke pasar – pasar tradisional karena di sini anda mudah menawar harga bahan baku. Pastikan kualitasnya bagus karena akan berpengaruh terhadap cita rasa makanan.

5). Survey pasar. Lakukan survey pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen, survey pasar meliputi pengetahuan harga pasar, pesaing terdekat, dll. Sehingga anda mempunyai gambaran jelas dan perbandingan nyata untuk merencanakan model usaha anda.

Selain memperhatikan kualitas makanan, ciptakan suasana nyaman dan bersih di dalam warung makan Padang anda sehingga menyebabkan pelanggan betah dan nikmat dalam menyantap hidangan di sini.

Baca Artikel Lainnya :

Setelah dirasa cukup menguntungkan dalam pemasaran, buatlah terobosan baru seperti strategi menerima pesanan nasi kotak Padang untuk acara – acara spesial atau paket menu menarik lainnya. InsyaAllah, strategi dan rencana yang mantap ini akan membuat warung makan anda akan tetap berjaya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *