Tips dan Trik Memilih Bisnis Tiket Pesawat

Tips dan Trik Memilih Bisnis Tiket Pesawat – Seiring pertumbuhan mobilitas yang tinggi kini dengan mudah kita bisa melihat berbagai agen atau tempat penjualan tiket di sepanjang jalan. Ternyata bisnis tiket pesawat bukanlah sesuatu yang ribet terutama bagi mereka yang telah ‘melek’ teknologi.

Untitled

Alat-alat yang dibutuhkan tidak ada yang istimewa semisal satu set computer beserta printer, internet banking dan jaringan internet. Dengan adanya 4 komponen tersebut maka bisnis telah bisa berjalan.

Saat ini banyak pihak yang telah menyediakan jasa dalam pembukaan bisnis ini. Biaya pedaftaran untuk menjadi agen pun berbeda-beda mulai dari yang puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Bisnis inipun kadang dikendalikan oleh seorang ibu rumah tangga untuk mengisi kekosongan waktu. Tak sedikit juga dimiliki seorang karyawan atau mahasiswa yang berharap dapat tambahan penghasilan.

Bahkan tak sedikit banyak pihak yang menawarkan kerja sama penjualan tiket tanpa harus ada deposit terlebih dahulu.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bisnis mampu melakukan akses minimal dalam kaitan kebutuhan pengguna pesawat terbang. Proses-proses tersebut antara lain adalah Booking Tiket, Cek Harga, Cek Jadwal Keberangkatan, Cek Seat, dan Layanan lain yang masih berhubungan dengan keagenan.

Selain itu masih harus dicek legalitas. Jangan sampai menjadi agen tiket bodong sehingga uang yang disetor calon penumpang bisa amblas. Legalitas ini bisa dilihat dari surat-surat atau sertifikat yang dimiliki.

Syarat utama perusahaan yang bergerak di bidang bisnis ticketing adalah terdaftar sebagai anggota ASITA atau Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies. Selain itu dokumen resmi yang harus ada antara lain HO, SIUP, NPWP, akta notaris, dan lain-lain.

Ada baiknya untuk efektivitas kerja memilih menjadi agen tiket yang semua prosesnya bisa dilakukan via internet. Proses tersebut antara lain Booking atau Pemesanan, Pembayaran, Mencetak dan Distribusi tiket ke Konsumen. Internet banking membuat penggunanya tidak perlu ribet harus ke bank atau ATM hanya sekedar setor uang.

Bisnis apapun namanya yang dicari adalah profit atau keuntungan. Profit utama yang ditawarkan perusahaan yang bergerak dibidang ticketing adalah komisi.

Komisi tersebut dapat dibedakan :

  1. Komisi Penjualan Tiket

Komisi ini didapat dari berapa jumlah tiket yang bisa dijual. Jadi secara sederhana diawal memulai bisnis telah diketahui untuk dapat komisi sekian rupiah maka berapa tiket yang harus dijual.

  1. Komisi Sponsorisasi

Komisi ini di dapat dengan memperhatikan tingkat atau leveling. Perhitungannya setiap perusahaaa memiliki aturan masing-masing. Jumlah sponsorisasi dalam bisnis ini tidak ada batasnya. Semakin banyak jumlah yang disponsori maka penghasilan akan semakin banyak.

  1. Komisi Penjualan Tiket Jaringan

Menjadi agen tiket pada umumnya diberlakukan system layaknya multi level marketing. Di mana setiap agen dibawah akan memberikan keuntungan yang ada diatasnya. Besaran komisi ini pun berlainan tergantung hasil kerja mereka.

  1. Komisi Member Get Member

Untuk lebih mengairahkan kerja agen biasanya juga dibuat paket member get member. Biasanya komisi ini bisa didapat hingga kedalaman 10 level.

Selain berbagai keuntungan diatas bisnis akan menjadi lebih menguntungkan dan mudah bila :

  1. Perusahaan penerbangan (airline) bersedia menyediakan data yang transparan
  2. Proses pemesanan atau reservasi bisa dilakukan langsung dari system airline
  3. Transfer antar bank tidak ada kendala
  4. Penjualan tiket sesuai harga pasar, di dapat dengan harga jauh lebih murah
  5. Kode booking bisa dikirim menggunakan berbagai media yang ada saat ini seperti email, YM, SMS, Messenger, WhatsApps
  6. Bila beban administrasi langsung dikenakan pada pembeli maka diawal telah ada keuntungan

Selain itu ada baiknya lakukan perbandingan antara satu perusahan dengan perusahaan lain sejenis. Tujuannya tentu untuk melihat berbagai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Baca Juga : Cara terbaik dan ampuh promosi melalui twitter

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Tips dan Trik Memilih Bisnis Tiket Pesawat

  1. Pingback: Tips Usaha Niaga Menguntungkan Melalui Facebook | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *