Tips Dan Trik Memotret Bagus Di Musim Hujan Serta Perlengkapan Yang Wajib Tersedia

Musim hujan merupakan fenomena alam yang sangat luar biasa menyebalkan bagi beberapa remaja yang suka beraktifitas di luar rumah, hujan mampu memberikan banyak sensasi menarik bagi beberapa orang terutama untuk para fotografer.

Rintik air hujan yang jatuh dengan lembut d sekujur tubuh, tetes – tetes air yang menggantung pada setiap objek di luar ruangan, percikan air yang menyebar, warna – warna yang alami dan menawan, refleksi dan bayangan kabur yang nyata.

o 81

Serta objek lainnya yang menawarkan sejuta keindahan hujan bagi fotografer handal dan pemula yang siap untuk anda abadikan dalam bidikan kamera masing – masing adalah kegiatan yang mengasyikkan untuk dilakoni. Bahkan hujan kerap mempunyai kekuatan untuk bisa mengubah sebuah objek yang tampak biasa menjadi sesuatu yang istimewa untuk tangkapan kamera anda.

Musim kemarau yang panjang biasanya akan berlabuh pada titik tertentu di tahun ini, anda akan mendapat kabar berita gembira yaitu musim penghujan yang dinanti – nantikan oleh banyak orang akan segera tiba dan menyapa penghuni bumi. Hal inilah menjadi salah satu momen menarik yang banyak ditunggu oleh seorang fotografer untuk mengabadikan gambar – gambar menarik dari subjek atau objek di musim hujan.

Memotret dalam kondisi hujan adalah kegiatan sulit yang jarang dilakukan oleh fotografer pemula yang biasanya suka melakukan kegiatan ini dalam kondisi cerah.

Selain diharuskan membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus secara profesional, juga anda harus hati – hati dalam menyiapkan beberapa perlengkapan ekstra sebagai penunjang kelancaran aktifitas ini.

Apa sajakah yang harus anda perhatikan dalam memotret subjek / objek di musim penghujan ? Perhatikan tips dan triks memotret di musim penghujan agar mendapat hasil yang cemerlang :

Siapkan semua perlengkapan yang  dibutuhkan.

Memotret di bawah guyuran hujan yang tidak terlalu deras tentu memerlukan seperangkap perlengkapan ekstra yang harus anda persiapkan dengan teliti sebelumnya. Selain kamera sebagai senjata utama, anda pun harus menyiapkan beberapa perlengkapan penunjang lainnya.

Jas hujan.

Perlengkapan pertama yang harus anda siapkan sebelum melakukan pemotretan pada waktu musim hujan adalah jas hujan. Perlengkapan yang satu ini sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh anda dari basah karena guyuran hujan.

Di samping itu, anda juga harus mempersiapkan rain cover khusus untuk melindungi kamera, karena dikhawatirkan air hujan yang mengenai kamera akan sangat riskan bisa mengganggu fungsinya dalam bekerja alias beresiko merusak komponen penting dalam body kamera.

Maka dari itu anda harus menyiapkan rain cover khusus kamera untuk melindunginya tetap dalam kondisi kering dan aman saat digunakan buat mengambil gambar.

Payung.

Meskipun anda telah memakai jas hujan, kadang – kadang anda masih membutuhkan payung yang bisa sangat membantu anda terlindung dari basah. Payung bisa bermanfaat sebagai aksesoris foto dan latar subjek yang akan menghasilkan gambar – gambar menawan saat hujan tidak terlalu deras.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika anda sejak mendung di luar sudah menyiapkan sebuah payung praktis saat akan hendak memotret di tengah guyuran hujan.

Handuk tangan.

Anda mungkin akan sangat memerlukan benda ini saat akan memotret objek dalam guyuran hujan dalam jangka waktu yang cukup lama. Handuk tangan bermanfaat untuk mengeringkan perlengkapan yang anda bawa atau tubuh anda dari air hujan.

Tas plastik.

Tas plastik dapat menjadi solusi terbaik dan mudah buat dilakukan ketika anda akan melakukan kegiatan foto di tengah hujan jika anda sedang tidak memiliki rain cover untuk membungkus kamera.

Baca Artikel Lainnya :

Tas plastik ini fungsinya menyerupai rain cover yakni untuk menjaga kamera anda tetap dalam kondisi kering dan aman saat akan digunakan. Anda cukup memberi lubang pada tas plastik tersebut seukuran lubang lensa.

Nah, itulah tadi beberapa jenis perlengkapan ekstra yang wajib untuk anda persiapkan sebelum berniat melakukan pemotretan di bawah guyuran hujan yang tidak terlalu deras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *