Tips dan Trik Mencuci Pakaian agar Bersih dari Najis Menurut Pandangan  Islam

Islam mmemiliki nilai-nilai yang sangat teratur mengenai kebersihan. Itulah sebabnya ada beberapa aturan yang harus ditaati demi menjaga kebersihan dari seorang umat Islam. Salah satu kegiatan kebersihan yang diatur adalah tentang mencuci pakaian.

Kegiatan mencuci pakaian memang terlihat sepele. Saat ini kita dimanjakan dengan kehadiran laundry service yang sangat dengan mudah ditemui di sekitar kita.Cukup dengan mempercayakan semua pakaian kita kepada laundry service dan masalah pun selesai.

s 203

Namun, bagi Islam, urusan mencuci pakaian bukanlah merupakan hal yang sepele.Hal itu karena menurut pandangan Islam pakaian yang sudah dicuci diharapkan tidak hanya bersih, namun harus juga suci dari najis yang melekat.

Terutama pakaian yang digunakan untuk shalat, ketika ada najis yang melekat pada pakaian merupakan salah satu syarat diterimanya sebuah shalat di hadapan Allah.

Dengan memperhatikan alas an tersebut, umat muslim diharapkan tahu betul bagaimana metode mencuci yang sesuai syariat Islam. Beberapa langkah di bawah ini menjelaskan cara mencuci yang diatur dalam pandangan Islam.

  1. Sendirikan dan Kelompokkan Tersendiri Pakaian yang Terkena Najis;

Saat mencuci pakaian, tentu semua jenis pakaian akan tercampur menjadi satu dan bersinggungan satu dengan yang lainnya.

Maka, yang harus  dilakukan pertama kali adalah memisahkan pakaian yang terkena najis dengan kentara, seperti noda darah, urin, muntah, kotoran manusia tau hewan, dan lain sebagainya. Hal tersebut harus dilakukan agar pakaian lain yang turut bersinggungan dengan pakaian yang bernajis.

Agen Poker
  1. Hilangkan Najis dengan Air dan Sikat;

Sebelum dicuci, sebisa mungkin untuk menghilangkan najis yang melekat pada pakaian dengan sikat yang dialiri air mengalir. Pastikan semua kotoran yang melekat luruh jatuh bersamaan dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih.

  1. Cuci Bersih dengan Sabun;

Setelah najis-najis telah dihilangkan dengan air dan sikat, sabun digunakan untuk menghilangkan kotoran yang masih melekat serta menghilangkan bau dan membuat wangi. Pakaian dapat dikucek dengan menggunakan tangan maupun mencucinya dengan mesin cuci.

Namun, yang harus diperhatikan adalah usahakan seluruh najis sudah hilang sebelum memasukkan pakaian kemesin cuci. Hal itu dikarenakan, menurut syariat Islam najis yang masuk kedalam air yang kurang dari 200 liter akan membuat  air tersebut menjadi najis pula.

  1. Bilas dengan Sempurna;

Membilas pakaian sebaiknya dilakukan dengan air yang mengalir deras. Usahakan untuk tidak menggunakan air bilasan dalam ember sebab bias jadi air dalam ember tersebut sudah terkontaminasi oleh najis pakaian.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah langkah-langkah mencuci pakaian yang sesuai syariat Islam agar terhindar dari najis. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *