Tips Dan Trik Mengenal Fotografi Teknik Memotret Foto Panggung

Fotografi panggung merupakan fotografi yang bertujuan untuk merekam acara – acara pertunjukan, apa pun pertunjukannya di atas panggung yang spektakuler. Fotografi panggung terbagi menjadi dua kegiatan yaitu dokumentasi dan liputan.

Kegiatan dokumentasi pada fotografi panggung dikerjakan oleh pihak pelaku atau penyelenggara dan panitia untuk tujuan merekam segala aktifitas yang sedang berlangsung di atas panggung baik itu di depan / di belakang panggung.

l 136

Sedangkan untuk kegiatan liputan pada fotografi panggung biasanya dilakukan media massa (fotografer jurnalistik) untuk berita kebudayaan/kesenian yang akan dimuat pada koran/ majalah.

Kedua kegiatan tersebut dapat anda lakukan oleh siapapun sekalipun oleh bukan penyelenggara maupun fotografer jurnalistik yang bertujuan untuk kepentingan komersial, pembelajaran maupun koleksi semata.

Pertunjukan panggung dirancang untuk ditonton, bukan difoto sehingga seorang  fotografer harus mampu menyiasati beberapa penyesuaian diri khususnya dalam hal pencahayaan panggung.

Permainan pencahayaan dirancang untuk ditonton sehingga kondisi ini bisa berpengaruh buruk saat anda akan melakukan sesi pengambilan gambar dimana pencahayaan yang ada tidak bisa bekerja secara optimal.

Lampu warna – warni yang mencahayai sebuah panggung pertunjukan memang dirancang khusus untuk membuat pertunjukan tersebut menjadi meriah.

Pencahayaan dalam warna – warna spektakuler tersebut memang rancangan asli pada masing – masing pertunjukan agar mampu menghidupkan suasana.

Panggung Musik Yang Spektakuler.

Pertunjukan musik pada umumnya terbagi menjadi : musik hening yang melarang flash atau suara kamera keras dari wartawan jurnalistik dan musik hingar – bingar yang memperbolehkan anda memotret apa pun yang berlangsung di atas panggung.

Musik hening merupakan pertunjukan musik pada sebuah kamar khusus dalam ruangan kecil seperti orkestra yang mempunyai bagian – bagian pertunjukan wajib hening. Untuk memotret musik hening, pakailah kamera hening, beberapa kamera tersebut diantaranya mode CS ( continue silent ).

Pertunjukan musik juga bisa dilihat dari perbedaan penampilnya : ada penyanyi solo, grup penyanyi ( Backstreet Boys, dll ) atau band utuh.

Memotret penyanyi solo, maka anda harus fokus terhadap penyanyinya. Band pendukung berfungsi semata sebagai latarbelakang. Jika anda merasa bosan dengan latarbelakang band, coba fokus pada penontonnya.

Memotret penyanyi solo harus melakukan pendekatan utama adalah fokus pada ekpresi mereka saat membawakan lagu – lagu mereka. Sedangkan kalau memotret band, yang terpenting adalah penyanyi utamanya plus satu orang pemusik yang bisa masuk ke dalam frame.

Panggung Fashion Show.

Memotret panggung jenis yang lain adalah fashion show. Fotografi fashion pada umumnya sangat rewel pada akurasi warna, beda dengan musik, cahaya yang dipakai fashion wajib memakai daylight lamp.

Khusus di kota – kota besar di Indonesia, kadang – kadang lampu taman pun bermanfaat besar dalam menghasilkan gambar – gambar cemerlang yang sering dipakai pada fashion show seperti RAW untuk hasil terbaik dari kumpulan foto fashion.

Panggung Pertunjukan Tari.

Sedangkan untuk memotret pertunjukan tari di atas panggung, anda harus memotret pada adegan – adegan yang dianggap “ adegan puncak ”. Adegan puncak dapat dirasakan jika anda sering melakukan pemotretan tari di atas panggung.

Foto tari bukanlah ditujukan untuk orang yang baru pertama kali bisa memotret foto panggung melainkan subjek komersil bagi para fotografer handal. Sedangkan fotografi teater hampir mirip dengan tarian, anda diwajibkan menemukan adegan kunci yang fotogenik dari subjek yang bergerak sangat dinamis.

Baca Artikel Lainnya :

Yang paling penting untuk anda ingat pada fotografi panggung adalah, anda harus berada pada posisi yang terbaik.

Jangan pernah datang terlambat yaitu saat acara sudah berlangsung selama beberapa jam karena ada banyak pertunjukan menarik yang boleh anda potret pada gladi resiknya saja. Jangan sampai anda terlewatkan !

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *