Tips dan Trik Mudah dalam Membersihkan Knalpot Motor 4 TAK

Tips dan Trik Mudah dalam Membersihkan Knalpot Motor 4 TAK – Knalpot orisinal atau standard 4 tak normalnya akan kotor pada penggunaan di atas 80 ribu km. Nah, kalau sudah seperti ini, saatnya Anda lakukan pembersihan knalpot.

Untitled

Sebab, tentu Anda tidak ingin karena knalpot bermasalah, performa mesin kendaraan Anda jadi menurun. Selain itu, knalpot yang kotor juga memungkinkan timbulnya suara yang akan membuat Anda diprotes orang-orang di jalan sebab sangat mengganggu mereka sih.

Selain penggunaan kendaraan yang sudah menempuh jarak lebih dari 80 ribu km, penyebab kotornya knalpot adalah juga karena kecepatan penggunaan kendaraan.

Penggunaan yang terlalu pelan (di bawah 45 km per jam) bisa menimbulkan menumpuknya timbal karbon sisa pembakaran di ruang pembakaran utamanya klep dan knalpot itu sendiri. Sehingga timbullah kerak yang semakin tebal di knalpot.

Pembawaan motor yang pelan memang bagus untuk keawetan sparepart kendaraan, namun akan berdampak buruk pada knalpot seperti yang telah dijelaskan di atas.

Kalau klep Anda bermasalah, maka mau tak mau Anda harus membawa motor Anda ke bengkel. Namun, kalau yang bermasalah adalah knalpot, maka Anda tak perlu membawanya ke bengkel. Cukup atasi dengan tangan sendiri, sekalian belajar siapa tahu bisa buka bengkel juga, hehe.

Terus gimana sih caranya membersihkan bagian dalam knalpot 4 tak supaya keraknya hilang semua?

Prinsipnya adalah menghilangkan kerak dan kotoran-kotoran yang kuat menempel di knalpot dengan memanaskannya, juga dengan bantuan cairan hitam. Anda tak perlu membongkar knalpot, jadi lebih ringan kerjanya.

  • Tutup lubang pembuangan kecil di bagian bawah knalpot.
  • Masukkan kira-kira ¼ liter oli yang masih baru ke dalam knalpot Anda melalui lubang pembuangan gas sisa-nya. Inilah cairan hitam yang saya katakan tadi akan membantu Anda.
  • Panaskan mesin kendaraan Anda dan pastikan juga oli yang Anda tuang tadi tidak bocor.
  • Biarkan mesin stasioner sehingga oli di dalam knalpot tadi mendidih dan akhirnya lubang knalpot mengeluarkan asap hitam pekat
  • Tarik gas lebih kuat lagi jika kelihatannya belum terlalu panas. Sebab Anda butuh agar oli di dalam knalpot benar-benar mendidih seutuhnya. Untuk menyiasati hal ini, Anda juga bisa mengajak jalan-jalan anak Anda sejauh 5 km saja sudah cukup (lebih pun tidak masalah kok).
  • Jika Anda memilih jalan-jalan, sepulangnya matikan mesin kendaraan Anda. Kemudian buka lubang pembuangan kecil di bagian bawah knalpot Anda.
  • Bagaimana hasilnya? Amazing! Kerak dan berbagai macam kotoran yang bersarang di knalpot Anda, rontok total!

O, iya, hati-hati ya membukanya soalnya oli tadi pastinya panas dan super kental akibat hasil pembakaran dan kotoran karbonnya.

Baca Juga : Tokoh Penting Dibalik Terciptanya Si Roda Dua, Sepeda Motor

Kalau Anda sudah pernah melihat oli mesin diesel yang telah menempuh jarak setidaknya sepuluh ribu km, ya, seperti itulah keadaan oli di knalpot Anda tadi. Selamat mencoba!

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *