Tips dan Trik Pengelolahan Air Tanah

Tips dan Trik Pengelolahan Air Tanah – Bagi masyarakat yang tidak dapat terjangkau oleh air bersih dimana biasanya disediakan oleh perusahaan air minum setempat, maka kebanyakan dari mereka memanfaatkan air tanah sebagai salah satu sumber minuman ataupun untuk kegiatan konsumsi yang lain. Karena pada umumnya air tanah ini berwarna jernih, biasanya masyarakat menganggap bahwa air tersebut aman dan layak dikonsumsi tanpa memperhatikan kualitasnya. Biasanya air tanah banyak mengandung zat besi dan mangan dalam jumlah yang tinggi, sehingga sebenarnya kurang layak untuk dikonsumsi apalagi secara langsung.

air

Mengingat kandungan air tanah yang cukup beresiko tersebut, ada baiknya bila air tanah diolah lebih dahulu sebelum dikonsumsi agar tidak memberikan terlalu banyak efek negatif bagi tubuh. Salah tips ataupun trik untuk mengurangi kandungan berbahaya ini adalah menggunakan filter yang memakai media mangan zeolit serta karbon aktif. Kedua bahan ini bisa kita peroleh dengan mudah dan murah di toko bahan kimia. Adapun untuk prosesnya, secara mudah dijelaskan sebagai berikut:

  • Air tanah dipompa ke dalam bak penampung yang kemudian dialirkan ke dalam filter yang berisi mangan zeolit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan zat besi dalam air serta mengurangi adanya padatan atau konsentrasi benda-benda asing dalam air,
  • Setelah itu air dialirkan kembali ke filter berisi karbon aktif yang berfungsi untuk mengurangi kandungan zat organik, rasa, bau serta polutan-polutan yang tidak dapat dilihat kasat mata lainnya,
  • Setelah itu air kembali dialirkan ke filter cartridge yang bisa menyaring kandungan partikel dalam air secara lebih besar.

Setelah air tersebut melewati filter cartridge, maka akan diperoleh air yang sudah bisa aman dan layak dikonsumsi. Namun akan lebih baik lagi bila dilakukan sterilisasi dengan menggunakan alat penyeteril ultra violet sehingga dapat membunuh mikroorganisme patogen yang tersisa dalam air tanah. Daya listrik yang diperlukan untuk penyinaran ini juga tidak terlalu besar hanya sekitar 30 watt.

Untuk bagaimana proses pembuatan filter ini, anda bisa membuatnya secara sederhana yaitu dengan memberikan bak-bak penampung air yang dibawahnya diberi media-media filter seperti tersebut diatas, kemudian dialirkan menggunakan pipa seperlunya ke masing-masing filter tersebut. Jadi, tidak sulit bukan?

 

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *