Tips Dan Trik Tanaman Hias Daun Sansevieria

Tips Dan Trik Tanaman Hias Daun Sansevieria – Sansevieria atau yang lebih akrab dikenal dengan nama lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Karena bentuknya yang menjulur panjang ke atas dan tajam, tak heran tanaman ini diibaratkan sebagai lidah mertua. Cukup lucu juga ya.

Untitled

Tanaman sansevieria ini sebenarnya merupakan tanaman tropis. Tak heran populasi tanaman sansevieria di Indonesia terbilang tinggi. Tanaman ini digemari karena selain bentuk fisiknya yang cantik dengan berbagai macam corak warna, daya tahan dari tanaman hias ini juga sangat tinggi. Tak heran kita akan sering menemui tanaman ini di dalam maupun ruang ruangan sebagai aksen penghias.

Sansevieria mulai populer pada awal abad 19. Namun sampai saat ini pamor dari tanaman hias ini juga tak surut. Walaupun harga tanaman yang satu ini tak semahal tanaman hias lain, namun kecantikannya juga tak kalah loh.

Untuk mendapatkan hasil tanaman yang bagus, maka perawatan yang dilakukan juga harus tepat. Berikut beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan pada tanaman sansevieria agar dapat tumbuh dengan baik dan bagus.

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa tanaman sansevieria merupakan salah satu jenis tanaman yang tahan banting. Oleh sebab itu tidak ada perawatan khusus dan rumit yang harus dilakukan. Hanya saja, tanaman ini juga membutuhkan asupan air yang cukup.

Lakukan penyiraman setiap hari pada saat cuaca panas. Namun pada saat hujan, bisa dikurangi intensitas penyiramannya. Karena jika terlalu banyak terkena air maka bisa menyebabkan kebusukan pada tanaman lidah mertua ini.

Jika hendak menaruh tanaman ini di dalam ruangan, maka sebaiknya keluarkan tanaman ini agar mendapat cahaya matahari setiap seminggu sekali. Setelah itu bisa dimasukkan ke dalam ruangan kembali agar pertumbuhannya tetap terjaga dan warna daunnya tidak memudar.

Ada beberapa jenis media tanam yang bisa digunakan untuk menanam tanaman sansevieria, diantaranya adalah pasir, tanah, sekam yang dicampur dengan pupuk kompos ataupun humus. Untuk mempercantik tampilan bisa menggunakan pot yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Selain itu untuk menjaga tanaman agar tetap sehat, perlu dilakukan pemupukan setiap satu bulan sekali. Pemupukan bisa dilakukan melalui akar, daun, atau keduanya. Pupuk yang digunakan sebaiknya adalah guano organik, atau bisa juga menggunakan pupuk yang lain.

Sama seperti halnya tanaman yang lain, sansevieria juga memiliki musuh hama yang siap menyerang kapan saja. Oleh sebab itu maka diperlukan upaya pengendalian dengan cara penyemprotan fungisida dan insektisida secara rutin setiap dua minggu sekali.

Penyemprotan dilakukan mulai dari daun sampai batang secara merata sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan. Sebaiknya penyemprotan dilakukan pada waktu pagi atau sore hari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *