Tips Dan Trik Untuk Merawat Baterai Kamera Digital Agar Bisa Lebih Awet

Tips Dan Trik Untuk Merawat Baterai Kamera Digital Agar Bisa Lebih Awet – Kamera digital adalah asesoris dari kamera yang anda miliki di rumah tak ubahnya seperti sebuah peralatan elektronik pada umumnya yang membantu mendukung kelancaran sistem kerja kamera digital yang anda miliki.

Kamera sangat membutuhkan sumber daya untuk memasok energi supaya kamera dapat digunakan secara maksimal oleh si pemiliknya.

foto

Itulah sebabnya beberapa produsen kerap menghadirkan baterai yang bervariasi agar kamera dapat mengabadikan momen terhadap gambar-gambar menarik pada peristiwa yang terjadi untuk bisa disimpan sebagai kenang-kenangan.

Secara umum, saat ini di pasaran terdapat 2 jenis baterai kamera yang umum diaplikasikan dan dipasang dalam kamera digital yakni baterai jenis AA atau baterai jenis NiMh dan jenis terakhir adalah baterai Lithium.

Agar sistem kerja mereka lebih awet maka anda perlu merawat baterai digital, perhatikan ulasan singkat yang kami beri di bawah ini :

Charge bila kondisi baterai 5%

Baterai AA. Beterai jenis ini sama dengan baterai yang umum digunakan pada jam dinding atau senter kecil dan bisa juga dimanfaatkan untuk kamera digital karena mudah dipasang dan mudah didapatkan di toko-toko jam.

Anda bahkan bisa membeli baterai jenis ini di pasar-pasar tradisional atau toko-toko kelontong dekat dengan rumah. Anda juga bisa mengaplikasikan baterai AA yang bisa dicharge tetapi baterai ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan baterai AA biasa.

Tapi anda jangan khawatir akan hal ini karena kemampuannya akan menjadi baru kembali setelah dicharge berkali-kali.

Hal ini menyebabkan baterai bisa jauh lebih irit jika dibandingkan dengan baterai AA biasa. Gunakan selalu baterai AA yang bisa dicharge dengan chargernya masing – masing. Hal ini dimaksudkan agar baterai AA dapat menjadi lebih awet dan cepat diisi ulang.

Bila kondisi baterai sudah mendekati 5% sebaiknya segera isi ulang. Perlu diperhatikan bahwa masing – masing kamera digital mempunyai batasan tertentu terhadap kondisi baterai hingga terlihat tanda power akan mati dengan sendirinya.

Segera kosongkan baterai, kemudian dicharge penuh setelahnya untuk memperpanjang umur pemakaian baterai.

Baterai Lithium. Baterai kamera jenis kedua adalah baterai Lithium. Baterai jenis ini sama seperti baterai yang digunakan pada kamera smartphone.

Biasanya baterai ini dimanfaatkan pada jenis kamera pocket kelas premium atau kamera DSLR. Baterai ini dipilih untuk digunakan karena mempunyai kapasitas yang sangat besar.

Tak hanya itu, baterai Lithium mudah diisi ulang tanpa anda perlu merasa khawatir akan rusak. Sama halnya dengan baterai AA, disarankan setiap 1 atau 2 bulan sekali, baterai ini anda kosongkan kemudian diisi penuh ulang.

Jangan Terlalu Sering Kosong

Gangguan baterai Lithium adalah jangan sekali – kali membiarkan baterai jenis ini dalam kondisi kosong karena akan membuat kondisi di dalam baterai menjadi rusak dan bisa memperpendek usia baterai. Untuk mencegahnya, anda bisa berpatokan pada batasan-batasan kamera.

Batasan yang dimaksud adalah saat anda akan memakai kamera sampai kamera mati dengan sendirinya, tapi biasanya sisa baterai masih ada sedikit. Baterai jenis ini terbilang mahal dan hanya tersedia pada toko-toko kamera tertentu saja di kota anda, atau pada toko kamera khusus dan toko aksesoris.

Yang Perlu Dihindari Agar Baterai Awet

Untuk menjaga baterai kamera anda menjadi awet dan tidak cepat rusak, maka sebaiknya simpanlah baterai pada kondisi udara yang sejuk / hindari dari udara panas. Jangan pernah membiarkan baterai anda terkena panas terik matahari secara langsung.

Karena suhu panas akan bisa memperpendek usia baterai dimana suhu panas akan mempengaruhi zat kimia dalam baterai.

Baca Artikel Lainnya :

Bila anda tidak menggunakannya selama lebih dari 1 minggu, sebaiknya lepaskan baterai dari bodi kamera.

Pasalnya adalah beberapa kasus menjelaskan bahwa adanya baterai yang bocor d dalam kamera dapat merusak kamera karena cairan kimia dari baterai tersebut.

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *