Tips Jitu Memulai Bisnis UKM Undangan Pernikahan

Tips Jitu Memulai Bisnis UKM Undangan Pernikahan – Maraknya bisnis UKM dibidang event organizer pesta–pesta kawinan dewasa ini membuat banyak pebisnis tertarik menjalankan peluang bisnis cetak undangan pernikahan.

Apakah anda juga berniat mencoba memulai bisnis tersebut ? Bagaimana cara memulai bisnis undangan pernikahan ? Anda tidak perlu khawatir, berikut ini akan kami bekali dengan langkah-langkah praktis dalam mengawali bisnis ini dengan cara yang sangat mudah.

Untitled

Pelajari jenis bahan

Mempelajari jenis bahan membuat kartu undangan pernikahan adalah hal yang penting untuk dilakukan saat anda ingin membuka usaha percetakan undangan.

Saat ini di pasaran banyak dijual jenis kertas yang umum dipakai membuat kartu ucapan, dari gramasi yang kecil hingga yang tebal.

Secara keseluruhan kartu undangan menggunakan kertas dari art cartoon maupun mate paper tergantung pada kebutuhan. Selain itu, anda juga perlu mengetahui ukuran cetak dan ukuran potong kertas.

Ukuran kertas pada umumnya berupa plano yang dipotong – potong sesuai dengan ukuran cetak. Perhitungan yang salah dari pembelian bahan akan menyebabkan pebisnis merugi bahkan bisa bangkrut jika dilakukan lebih dari dua kali.

Pelajari bentuk undangan.

Ketika anda ingin memulai bisnis undangan pernikahan, anda harus mengenali dan mempelajari terlebih dahulu tentang berbagai bentuk undangan.

Maka dari itu, langkah awal adalah membuat klasifikasi berdasarkan harga, mulai dari harga yang murah, sedang hingga harga termahal.

Pada umumnya, undangan pernikahan tidak hanya terbentuk dari lembaran–lembaran kertas biasa saja, melainkan juga perlu diberi pemanis seperti adanya tulisan foil, emboss maupun potongan kertas yang bervariasi.

Untuk kelas eksklusif biasanya berupa hard cover atau undangan yang memadukan antara produk cetakan dan kerajinan tangan dengan menonjolkan karya seni tinggi.

Pelajari teknik desain.

Jika anda sudah mengetahui beragam jenis maupun bentuk undangan, langkah selanjutnya adalah menggunakan kemampuan anda untuk mengenal teknik desain yang unik dan cantik.

Usahakan untuk bisa mengimbangi bentuk undangan yang dibuat oleh rumah produksi lainnya, buatlah desain dengan khas yang pastinya bersifat lebih unik, elegan, bagus dan sebagainya.

Pada intinya, anda harus mampu mengalahkan pesaing – pesaing anda terutama dalam hal desain. Usahakan membuat calon konsumen merasa suka bila anda mampu merekayasa bahan yang tersedia menjadi undangan yang lebih bagus.

Teknik dalam desain yang unik, menarik dan sempurna tentu akan mampu memenangkan persaingan dalam bisnis ini.

Membuat promosi.

Lakukan promosi yang tepat. Promosi bisa dilakukan dengan cara membuat spanduk di depan kantor anda, membuat website, membuat kartu nama, bekerja sama dengan salon atau wedding organization.

Di samping itu, anda juga bisa mempromosikan melalui sosial media seperti facebook, BBM, line maupun twitter.

Anda juga harus mampu melakukan promosi dari mulut ke mulut dengan cara memberitahu kepada yang terdekat seperti saudara, tetangga, teman – teman di rumah, teman – teman di kampus, teman lama maupun teman di kantor atau kerabat dan teman yang akan menikah. Berikan harga yang layak dari kartu undangan yang akan anda produksi.

Perkuat jaringan kepada pusat percetakan.

Untuk hal terakhir yang harus diperhatikan, saat anda akan membuka usaha cetak undangan, perhatikan hal – hal berikut ini, perkuat jaringan ke percetakan untuk proses cetak.

Anda bisa bertanya tentang mesin cetak,  teknis pewarnaan yang support dengan mesin cetak dan ukuran mesin, plate yang sesuai dengan ukuran percetakan.

Perlu juga mengetahui tentang menggunakan mesin cetak dan plate cetak jika memang bisa mempengaruhi kualitas dan omzet yang akan dikumpulkan.

Maka dari itu, jika anda ingin benar – benar menguasai beragam mesin cetak, maka anda akan mengetahui untung ruginya dengan menggunakan salah satu dari mesin cetak tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Pilih mesin cetak yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda sehingga tidak menyebabkan usaha yang anda jalankan merugi.

Nah, itulah langkah penting bagi anda dalam mengawali bisnis UKM membuat undangan pernikahan. Jika anda tertarik dengan peluang usaha tersebut ? Anda dapat mempersipakannya mulai dari sekarang. Semoga sukses !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Tips Jitu Memulai Bisnis UKM Undangan Pernikahan

  1. Perfeksi

    Halo mas, saya baru mulai coba-coba mendalami bisnis undangan nih, selama ini cuma lewat instagram doang, semoga peraduan nasib bisnis lewat website bisa bagus yaa.

    Saya dapet beberapa insight baru dari penjelasan mas Joko di atas, suwun lho mas 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *