Tips Jitu Meningkatkan Omzet Toko Kelontong Dalam Meraup Keuntungan

Banyak sekali jenis peluang usaha sampingan atau model bisnis UKM yang bisa dilakukan seseorang dari rumahnya saja tanpa harus meninggalkan aktifitas utama misalnya bekerja sebagai pegawai negeri, antara lain adalah membuka toko kelontong.

Untitled

Toko kelontong adalah bisnis UKM yang saat ini banyak diminati oleh para pebisnis awam (dari masyarakat biasa) karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar dan keahlian khusus namun menjanjikan karena fokusnya adalah media penyedia barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti : sembako, alat tulis kantor, serta beberapa perabot rumah tangga lainnya dalam skal kecil.

Erat kaitannya dengan penjelasan kami tersebut di atas, bagaimana cara agar usaha anda dibidang ini mampu maju dan mendapatkan keuntungan ?

1). Sebagai pengusaha

mari kita berpikir positif untuk memperbesar peluang sekian persen terhadap usaha yang sudah anda lakoni.

Tahap pertama, apakah para penghuni perumahan di sekitar anda tahu keberadaan toko kelontong anda tersebut ?

Jika kebetulan berada di jalan utama, maka dapat dipastikan semua orang sudah tahu. Kalau tidak berada di jalan utama, maka perlu memberi tahu mereka yang tidak pernah lewat di depan toko anda yang baru. Buat selebaran atau bentuk iklan lainnya.

2). Tahap berikutnya

Untuk yang sudah mengetahui keberadaan toko anda, disarankan berpikir tentang bagaimana caranya agar mereka terpikat dan mau mampir.

Ada banyak kiat yang wajib anda pelajari, diantaranya membuat display yang menarik dan bisa dilihat dengan mudah dari tempat yang paling sulit sekalipun, seperti terlihat dari jalan – jalan tikus, tempat parkir yang nyaman, dan sebagainya.

3). Jika mereka lewat di depan toko anda

apakah mereka mau belanja ? Belum tentu juga ? Bagaimana caranya agar mereka mau mampir belanja ?

Caranya, perhatikan display atau kemudahan dalam mencari/menanyakan barang, kelengkapan dan keragaman barang, kesesuaian barang dengan kebutuhan mereka, harga, dan lain – lain yang membuat mereka tertarik.

4). Apa rahasianya agar orang – orang yang lewat mau mampir ke toko kelontong anda ?

Buatlah mereka nyaman dan terikat dengan toko anda sebagai pelanggan. Caranya beragam, melakukan dengan promosi untuk pelanggan, konsisten dengan memberi harga paling murah, pelayanan yang sifatnya personal (diingat nama, kebutuhan rutinnya, dan sebagainya), bahkan ada yang berani memberikan fasilitas utang.

Setelah anda mempelajari 4 tips jitu tersebut di atas, tidak perlu mengingat semua kiat, lihat mana yang paling mudah dan cocok bisa anda terapkan dan bersifat efektif.

Baca Artikel Lainnya :

Nah, bagaimana kondisi toko kelontong anda sekarang ini ? Apakah kurang dikenal, atau sudah dikenal namun belum banyak yang mampir, atau sudah ada yang mampir tetapi urung berbelanja, atau ada yang belanja tapi sedikit, atau mereka belanja tapi setelah itu tidak kembali lagi ? Jawabannya adalah anda harus kembali mempelajari 4 tips tersebut di atas.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *