Tips Memasak Bersama Mertua Agar Tidak Grogi

Bagi sebagian orang, memasak merupakan sarana refreshing dan sebagai penyaluran hobi. Ada sensasi tenang, fokus dan santai ketika kegiatan memasak sedang berlangsung.

g 84

Kita menata sendiri mulai dari merencanakan menu yang akan dimasak, perlengkapan yang akan digunakan, mempersiapkan bahan yang dibutuhkan hingga cara menyajikan makanan yang telah siap.

Ada kepuasan yang timbul di akhir kegiatan memasak, apalagi jika keluarga atau teman menyukai masakan yang kita buat. Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa memasak adalah sarana relaksasi, apakah akan tetap sama ceritanya jika kegiatan memasak yang dilakukan dilakukan bersama – sama, apakah kesan relaksasi tetap ada?

Dan bagaimana pula jika akhirnya kita harus memasak bersama orang yang lebih tua, seperti: mertua kita sendiri, ya mertua. Banyaknya cerita yang kurang menyenangkan tentang hubungan mertua – menantu yang sering kita dengar, membuat kita bertanya – tanya, akankah aktivitas memasak akan tetap menjadi sarana refreshing seperti yang tadi kita bahasa di awal tulisan ini?

Berikut adalah tips agar kegiatan memasak tetap menyenangkan walaupun dilakukan bersama mertua dan juga tips – tips agar tidak grogi selama memasak bersama mereka :

  • Bicarakan terlebih dahulu rencana memasak dengan mertua jauh – jauh hari.

Hal ini kita lakukan agar kita bisa mempersiapkan dengan matang pilihan menu dan lain sebagainya. Apalagi jika kita sebelumnya bukan tipe yang hobi memasak. Pelajarilah setidaknya apa saja sih jenis – jenis bumbu dapur dan peralatan memasak yang ada.

Jadi ketika tiba saatnya kita tampil memasak bersama mertua, kita sudah meiliki bekal ilmu yang cukup.

  • Sampaikan kepada mertua bahwa kita butuh bantuan dalam memasak

Trik ini dapat digunakan karena biasanya orang tua akan sangat bahagia dan senang apabila jasanya masih dibutuhkan, apalagi oleh anak – anaknya.

Buat mereka merasa dibutuhkan, jadi ketika memasak bersama dilakukan, mertua akan dengan senang hati berbagi rahasia dan ilmu memasaknya dengan kita.

  • Hargai mertua, selayaknya kita menghargai orang tua kita sendiri

Jangan menciptakan jarak dengan mertua, karena dari jarak inilah segala bentuk ketidakharmonisan dimulai. Bersikaplah serileks mungkin dengan mertua ketika di dapur, sehingga mertua andapun dapat bereaksi dengan sikap yang sama.

Baca Artikel Lainnya :

  • Setelah kegiatan memasak selesai, ajak mertua anda untuk makan bersama.

Kumpulkan seluruh anggota keluarga anda, ajak mereka makan bersama dengan mertua anda. Di Indonesia suasana makan bersama biasanya berlangsung dengan santai dan akrab.

Dari sinilah dapat terbangun rasa memiliki dan kedekatan antar sesame anggota keluarga. Mertuapun akan merasakan hal yang sama, hindari membicarakan topi yang serius selama kegiatan ini agar suasana tidak tegang.

Selamat memasak bersama mertua ya!

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *