Tips Membuat Rambut Bayi Sehat

Tips Membuat Rambut Bayi Sehat – Memiliki bayi tentu merupakan sebuah anugerah yang luar biasa dari sang Maha Kuasa bagi sepasang suami istri. Sebab, tidak semua pasangan suami istri diberi kepercayaan oleh Yang Maha Kuasa untuk merawat dan membesarkan bayi.

Untitled

Setiap bunda pasti ingin bayi kecilnya selalu sehat. Begitu pula dengan rambutnya. Kesehatan rambut bayi pasti menjadi salah satu prioritas utama bunda. Kriteria untuk rambut bayi yang sehat adalah lebat dan tebal. Untuk warna tergantung bagaimana faktor genetiknya.

Ada satu anggapan yang sangat dipercaya masyarakat khususnya bunda, yaitu memotong atau menggunduli rambut bayi dapat menumbuhkan rambut yang lebih lebat dan tebal. Apakah ini benar?

Sebenarnya tidak juga. Sebab, rambut bayi yang disebut velus, hanya sementara saja sekitar sampai maksimal tiga bulan saja. Setelah itu, rambutnya akan rontok alias tidak akan terbawa sampai dewasa kelak.

Jadi, bagi bunda yang berpikir bahwa rambut si kecil akan terbawa sampai dewasa nanti, ini merupakan anggapan yang tidak benar ya bun.

Bisa jadi setelah penggundulan, rambut bayi tetap tipis. Ini merupakan faktor genetis. Namun, ada juga yang rambutnya semakin tebal.

Ada penjelasan secara ilmiah untuk hal ini. Yaitu, dikarenakan rambut yang disebut velus ini berbentuk lancip kemudian setelah rontok dan tumbuh lagi akan menjadi tumpul sehingga rambut bayi menjadi semakin tebal.

Tapi, penggundulan rambut bayi tetap ada manfaatnya kok. Yaitu, untuk membersihkan kotoran dan kerak di kulit kepala yang menempel sehingga kulit kepala si kecil akan bisa bernapas dengan normal.

Berikut tips untuk  membuat rambut si kecil selalu sehat yang bisa dilakukan bunda:

  • Asupan gizi yang cukup

Jika si kecil masih dalam masa intensif ASI, maka yang memiliki kewajiban untuk memberikan gizi yang cukup adalah bunda. Makanan yang perlu bunda konsumsi adalah yang memiliki gizi sebagai berikut:

Protein yang didapat dari telur, daging, susu, kacang-kacangan, dan ikan. Asam lemak omega 3 yang dapat diperoleh dari ikan Salmon, kedelai, kacang kenari, dan kembang kol.

Zat besi dari bayam, tomat, kacang merah, dan kentang. Vitamin dari sayuran dan buah-buahan segar.

  • Menutrisi rambut secara langsung

Bunda bisa menggunakan bahan dari kemiri, madu, kacang hijau, minyak zaitun, air kelapa dan berbagai bahan lain. Untuk dari kemiri, bunda hanya perlu menyiapkan beberapa butir kemiri dan menyangrainya tanpa minyak kemudian menumbuknya sampai cukup halus.

Barulah diperas dengan kain sampai keluar minyak. Kain ini dapat bunda manfaatkan untuk menggosok kulit kepala si kecil secara perlahan.

Untuk bahan madu dan minyak zaitun, tinggal dioleskan pada kulit bayi secara merata sambil ditekan (pijit) ringan.

Baca Artikel Lainnya :

Bunda juga bisa mencuci rambut si kecil setiap pagi dan sore dengan air kelapa, sebab kandunga antioksidannya yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Sedangkan kacang hijau, bunda bisa meminumkannya langsung jika usia si kecil sudah memungkinkan. Atau bunda sendiri yang meminumnya juga tidak apa-apa.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *