Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Saat ini terdapat ratusan hingga ribuan jurusan kuliah, sehingga Anda dapat memilih salah satu jurusan kuliah yang tepat bagi Anda. Akan tetapi, permasalahannya adalah bagaimana Anda menentukan apakah jurusan kuliah yang sudah dipilih sudah tepat atau belum.

Selain itu, terkadang banyaknya pilihan jurusan kuliah akan membuat pusing. Umumnya, Anda baru menentukan jurusan kuliah setelah mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat sma atau smk. Padahal, seharusnya sudah ditentukan sejak jauh-jauh hari dalam arti ditentukan ketika kelas dua atau setahun sebelum pelaksanaan UN.

o 51

Hal ini dikarenakan, pemilihan jurusan kuliah membutuhkan persiapan dan pertimbangan yang matang. Apa lagi jika Anda ingin kuliah di luar negeri, karena Universitas di luar memiliki persyaratan yang tidaklah mudah seperti tes bahasa Inggris (TOEFL dan IELTS).

Belum lagi, untuk beberapa jurusan kuliah tertentu mewajibkan calon mahasiswanya untuk datang langsung agar dapat melakukan pendaftaran dan tes kesehatan. Sehingga memerlukan waktu persiapan yang lama, agar persiapan tersebut dapat terpenuhi.

Pada dasarnya, menentukan jurusan kuliah tidaklah terlalu sulit. Jika Anda sudah mengetahui hobi, minat, dan bakat yang dimiliki serta tentunya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Namun, jika Anda masih bingung dan pusing untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat bagi Anda. Semoga tips-tips yang sudah kami persiapkan, dapat membantu Anda dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat.

  • Mencari informasi

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan jurusan kuliah yang akan dipilih. Anda wajib mecari informasi sedetail-detailnya tentang jurusan kuliah, universitas yang akan dipilih, ilmu yang didapat, kualitas pendidikan, biaya, transportasi, dan yang paling penting adalah peluang atau prospek setelah lulus.

  • Jurusan harus sesuai dengan minat

Jika Anda menyukai sesuatu pekerjaan, maka Anda akan bekerja dengan nyaman dan senang. Hal tersebut sama dengan menentukan jurusan kuliah, jika Anda memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan minat.

Maka dapat dipastikan motivasi belajar Anda akan lebih besar, bersemangat, dan tentunya nyaman untuk dilakukan. Sehingga prestasi Anda akan terus meningkat.

  • Mengetahui akibat dari pilihan

Dalam hal ini, Anda diwajibkan untuk menjaga komitmen. Karena setiap pilihan jurusan kuliah tentu ada konsekuensi profesinya, jangan sampai Anda ingin memiliki status tapi tidak ingin melakukan konsekuensinya.

Sebagai contoh Anda mengambil jurusan PGSD, tetapi saat mengajar Anda tidak sabar dalam menghadapi murid-murid.

  • Pilihlah jurusan sesuai cita-cita

Anda tentunya memiliki cita-cita, sehinga keinginan yang kuat untuk meraih cita-cita dapat digunakan untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Jika Anda memiliki cita-cita sebagai sekertaris, maka jurusan akutansi yang harus dipilih. Jangan sampai Anda memiliki cita-cita sebagai teknisi mesin, namun ambil jurusan kedokteran.

  • Persiapkan jurusan kuliah cadangan

Sebagai manusia biasa, pasti ada keberhasilan dan kegagalan. Sama halnya dengan menentukan jurusan kuliah, kadang ada yang berhasil masuk ke jurusan yang diinginkan dan ada pula yang gagal masuk jurusan yang diinginkannya.

Baca Artikel Lainnya :

Sehingga, alangkah baiknya Anda mempersiapkan jurusan kuliah alternatif jika gagal masuk ke jurusan kuliah yang diinginkan. Tujuannya agar Anda tidak putus asa, tentunya pemilihan jurusan kuliah alternatif juga dilakukan sesuai dengan minat Anda.

Selamat Membaca dan semoga infonya bermanfaat !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *