Tips Memilih Lipstik Berdasarkan Warna Kulit

Lipstik merupakan kosmetik yang terbuat dari lilin, pigmen, minyak dan bahan – bahan kimia lainnya. Kosmetik ini pada umumnya bermanfaat untuk mempercantik bibir seorang wanita.

i 53

Pada jaman dahulu, kaum ningrat sudah mengenal lipstik yang terbuat dari serbuk batu permata semi mulia dioleskan secara merata dan tipis pada permukaan kulit bibir.

Perkembangan selanjutnya adalah pada zaman keemasan Islam, kosmetolog Al – Andalus, Abul Qasim az – Zahrawi telah berhasil menemukan lipstik padat dan harum yang dikemas dalam bentuk cantik dan menarik, seperti dijelaskan dalam bukunya berjudul At – Tashrif.

Kemudian benda ini dijual secara komersil ke negara – negara di Eropa, salah satunya adalah Inggris dan mencapai masa populer ketika zaman pemerintahan Ratu Elizabeth I.

Saat ini banyak beredar kosmetik jenis lipstik di kalangan remaja putri dan wanita dewasa sehingga membuat mereka bingung memilih mana yang tepat untuk diaplikasikan pada bibir sesuai dengan warna kulit, keperluan, dan pakaian yang dikenakan sehingga serasi dipandang mata.

Namun yang paling mudah digunakan sebagai ukuran dalam membeli sebatang lipstik adalah sesuaikan dengan warna kulit, berikut diberikan tips memilih lipstik :

1. Untuk kulit berwarna putih.

Bagi anda yang memiliki kulit wajah berwarna putih bersih, hindarilah memilih warna lipstik merah berona oranye karena akan membuat kulit wajah terlihat kusam setelah digunakan beberapa jam.

Jika anda penggemar warna merah, pilihlah warna merah lembut dengan rona berry / anggur, merah muda dan nude.

Pada sore dan malam hari, pilihlah lipstik berwarna cokelat dengan dasar warna merah atau moka, hindari memilih warna cokelat berdasar kuning oranye, karena bisa mempengaruhi warna kulit wajah menjadi kusam setelah dilalui dengan aktivitas selama beberapa jam.

Warna – warna lain yang bisa dijadikan pilihan adalah merah jambu dengan nuansa rose, warna – warna pucat, keemasan, atau shimmer, hindarilah memilih warna – warna pink yang mencolok jika anda tidak ingin memiliki warna kulit wajah terlihat pucat.

2). Untuk warna kulit sedang.

Pilihlah lipstik berwarna merah tua, merah bernada dasar biru, sehingga membantu kulit wajah anda tampak lebih terang, atau pakai warna merah dengan nada dasar warna cokelat.

hal ini akan membuat penampilan wajah anda terlihat hangat. Jauhkan warna – warna cokelat pucat atau muda yang membuat penampilan wajah anda terlihat kusam, pilihan yang tepat adalah warna karamel tua, cokelat dengan rona kuning / pink, pastikan semuanya mempunyai rona lebih tua dan matang.

Warna – warna lain yang cocok adalah merah jambu cenderung tua, atau warna – warna nude atau merah jambu kecokelatan yang membuat penampilan wajah anda terlihat charming atau serasi.

3. Untuk kulit berwarna sawo matang.

Jika tidak ingin wajah anda terlihat gelap, pilihlah warna lipstik bernada dasar merah kecokelatan atau warna – warna lebih tua, hindari membeli warna merah bernuansa oranye atau merah jambu.

Nuansa warna cokelat kemerahan tepat untuk anda pilih seperti merah marun atau cokelat gelap (warna kopi atau cokelat toffee).

Warna pilihan lainnya adalah nuansa merah jambu : pilihlah yang cenderung gelap seperti warna – warna berry, plum muda dan rose. Anda bisa menggunakan warna lipstik bernada dasar kekuningan namun hindari warna – warna dasar dingin / biru.

4. Untuk kulit wajah berwarna hitam.

Jauhi memakai warna merah oranye atau pink, lebih tepat jika mengenakan nuansa merah bernada dasar tua / kebiruan, contohnya adalah merah mahogany, merah wine, atau plum gelap.

Pada dasarnya, warna cokelat tepat sekali untuk anda kenakan pada setiap kesempatan tampil di depan umum, tetapi jika ingin make – up anda terlihat lebih ringan, cobalah pilih warna cokelat muda.

Baca Artikel Lainnya :

Apabila anda merasa bosan, sekali waktu bisa memilih warna – warna lain seperti merah jambu sedikit muda yang dioles secara tipis, gunakan kombinasi warna – warna rose, berry, atau plum.

Semoga tips memilih lipstik tersebut di atas dapat dijadikan panduan ketika anda hendak membeli sebatang lipstik, sehingga serasi diaplikasikan pada setiap kesempatan tampil di depan umum seperti pesta atau kegiatan sehari – hari ke kantor.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *