Tips Memotret Dedaunan Agar Mendapatkan Hasil Yang Natural Dan Memukau

Apakah anda adalah seorang peminat pemandangan alam berupa pesona keindahan daun – daun pohon yang rindang di taman atau pada hutan – hutan kecil di dekat anda tinggal ? Kata kunci agar gambar yang dihasilkan bagus adalah fokus untuk melihat ke atas dan temukan spot terbaik untuk media mengambil gambar.

Usahakan agar anda bisa memilih bagian dedaunan yang sedikit beda dengan yang lainnya yaitu yang bisa dipadukan dengan keindahan langit biru. Pancaran sinar mentari di waktu pagi hari akan berpadu manis dengan birunya awan di langit.

o 63

Serta keunikan dedaunan berwarna terang atau kusam yang sudah layu kemudian jatuh di atas rumput yang hijau akan memberikan kesan istimewa terhadap gambar – gambar yang akan anda abadikan.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memperoleh hasil bidikan sempurna yang mengusung tema – tema dedaunan di musim gugur atau musim semi. Tips tersebut di atas nampaknya cukup perlu untuk anda perhatikan lalu anda lakukan dengan fokus.

Berdirilah di bawah sebuah pohon rindang seperti pohon beringin tua yang memiliki batang tua unik dan eksotik menjulang tinggi dihiasi oleh akar – akar serabut menggelantung dengan warna daun yang hijau terang, atau pada pohon eukaliptus yang memiliki daun berwarna kuning keemasan, cokelat tua atau hijau muda saat baru berbentuk tunas.

Pada banyak artikel yang telah dimuat dalam web site tentang tata cara memotret, telah banyak diulas mengenai tips memotret dedaunan untuk mendapatkan hasil yang sangat memukau.

Nah, melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang tema sama, bagaimanakah cara memotret dedaunan untuk mendapat hasil yang memukau ?

Tonjolkan objek utama dalam foto.

Jika pada artikel kami sebelumnya anda bisa mengambil gambar terbaik dari sisi bawah pohon, maka kini anda bisa mencoba cara lain yaitu memotret dengan arah meluas ke sekitaran anda. Untuk melakukannya adalah cukup memilih satu objek yang tidak terlalu tinggi, kemudian ambillah objek paling menarik dari sudut yang tepat lalu fokus membidik objek tersebut tepat di depan mata anda.

Agar objek dedaunan yang akan anda foto terlihat lebih menonjol, maka kaburkan bagian – bagian di sekitar objek sehingga diharapkan hasil gambar yang didapatkan akan tampak begitu anggun.

Maksimalkan objek berserakan dengan sedikit pengkondisian.

Dedaunan yang layu dan mulai berjatuhan dan berserakan di tanah merupakan sebuah objek yang sangat memikat dan sayang untuk anda lewatkan begitu saja. Pasalnya adalah objek ini bisa menjadi hasil karya yang luar biasa dahsyat di tangan anda jika anda pandai mengambilnya.

Cukup pilih sebuah daun yang berwarna mencolok dan unik diantara dedaunan kering yang berserakan di atas rumput atau tanak dekat sebuah sungai. Alternatif terbaik adalah pilih daun berwarna kuning atau merah keemasan.

Kemudian atur fokus kamera agar tertuju pada daun berwarna mencolok dan unik tersebut, sehingga akan menimbulkan kesan kontras. Ambil dengan sudut yang tepat untuk hasil optimal. Sebagai tambahan, hasil jepretan anda akan terlihat indah dan alami dengan alas berupa rerumputan hijau atau aspal hitam dan tanah dengan tekstur khasnya.

Tempatkan objek pada benda – benda menarik dalam rumah.

Selain bisa memotret secara langsung di alam terbuka, pun anda dapat berkreasi dengan memilih objek daun bertema musim gugur di dalam rumah. Cukup bawa masuk satu atau dua helai daun kering lengkap dengan tangkainya.

Kemudian letakan di atas benda – benda yang menarik, seperti piano, gitar, tumpukan boneka atau benda – benda kuno yang terlihat eksotik dan unik. Selanjutnya ambillah posisi yang tepat untuk anda bisa memotret dengan fokus memperhatikan pencahayaan dan sudut terbaik dari objek.

Baca Artikel Lainnya :

Disarankan anda memotret dari sebelah samping saja sehingga tampak lebih natural dan menonjolkan bentuk asli.

Nah, itulah beberapa tips praktis tentang cara memotret dedaunan yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang memukau. Selamat mencoba dan selamat berkarya dengan memakai kamera kesayangan anda.

 

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *